Sungai Aek Sihopohopo Sibolga Dikeruk

  • Whatsapp
Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk Turun Langsung Memantau Pengerukan Sungai Aek Sihopohopo Sibolga, Rabu 31 Oktober 2018. (FOTO: ist)

Sibolga Sungai Aek Sihopohopo di Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan mengalami pendangkalan akibat sedimentasi. Material pasir bercampur tanah menutupi sungai hingga mengakibatkan pendangkalan.

Melihat kondisi itu, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk langsung memerintahkan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) untuk melakukan pengerukan material yang memadati Sungai Aek Sihopohopo.

Bacaan Lainnya

“Kondisi ini tidak bisa dibiarkan, karena Sungai Aek Sihopohopo ini tidak akan sanggup menampung debit air yang datang ketika hujan turun. Maka harus dilakukan pengerukan,” ujar Walikota Syarfi Hutauruk di sela meninjau pengerukan sungai, Rabu (31/10).

Syarfi mengatakan, pengerukan Sungai Aek Sihopohopo ini merupakan upaya normalisasi sekaligus pengendalian dan pencegahan terhadap bencana banjir.

“Material pasir bercampur tanah ini diduga terbawa arus saat hujan turun dan menggerus bagian hulu sungai. Apalagi, belakangan ini curah hujan yang melanda Kota Sibolga cukup tinggi, akibatnya Sungai Aek Sihopohopo ini mengalami sedimentasi dan pendangkalan,” ujarnya.

Untuk memudahkan proses evakuasi material pasir bercampur tanah di dalam sungai tersebut, Dinas PKPLH Sibolga menurunkan alat berat dan sejumlah armada dam truk.

Ikut mendampingi Walikota Syarfi Hutauruk, Kadis PKPLH Sibolga Mauli Badia Harahap, Camat Sibolga Selatan Dedy Rachmad Saleh Lubis, Lurah Aek Manis Musta Panggabean dan sejumlah pejabat lainnya. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *