5 Kebiasaan Ini Pemicu Asam Urat

  • Whatsapp
Ilustrasi Menderita Penyakit Aasam Urat. (FOTO: Pixabay)

Smart News Tapanuli – Asam urat adalah salah satu penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat Indonesia. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu hingga bengkak pada bagian sendi. Sehingga penyakit ini mulai mendapatkan perhatian. Penyakit asam urat tidak hanya menyerang lansia namun juga orang muda.

Akan tetapi, tahukah Anda apa sebenarnya penyebab asam urat? Banyak orang menganggap bahwa asam urat disebabkan oleh banyaknya konsumsi daging setiap hari.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, berikut beberapa kebiasaan buruk pemicu meningkatnya asam urat di dalam tubuh.

1. Konsumsi Alkohol Dan Soda

Minuman beralkohol bisa membuat Anda merasakan sengatan sakit asam urat yang menyiksa. Bahkan lagi pemanis yang terkandung dalam soda akan merangsang tubuh Anda menghasilkan banyak purin. Sehingga kadar asam urat di dalam darah pun akan naik.

2. Diet Tidak Sehat

Untuk mengatasi obesitas, banyak orang yang menginginkan hasil instan sehingga melakukan diet yang tidak sehat. Salah satunya tidak makan maupun berpuasa dalam waktu lama dapat meningkatkan kadar asam urat Anda.

3. Sayuran Hijau

Konsumsi sayur memang sehat, namun sayang bagi penderita asam urat beberapa sayuran ini bisa jadi penyebab asam urat kambuh.

Kembang kol, bayam dan juga jamur mengandung purin lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Meski risikonya tak sebanding dengan daging merah, namun Anda tetap perlu memperhatikan berapa banyak Anda mengkonsumsi sayuran satu ini.

4. Daging Hewan Dan Makanan Laut

Dibandingkan dengan sayuran, protein yang sangat lengkap terdapat pada daging. Baik daging ayam ataupun ikan dan sapi. Faktanya terlalu banyak konsumsi daging bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah penyebab asam urat.

5. Obat-obatan

Berbagai jenis obat-obatan pula mampu meningkatkan risiko terserang gout. Seperti obat diuretik dan juga aspirin telah dikaitkan dengan risiko terkena penyakit asam urat. Dimana obat satu ini mampu membuat Anda lebih sering buang air.

Alhasil bisa mengurangi jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Tetapi cairan yang tersisa kemungkinan besar akan mengendap, mengkristal dan menyebabkan penyakit asam urat.

Memang tidak mudah menghindari kebiasaan buruk pemicu asam urat, apalagi kebiasaan yang sudah menjadi favorit. Namun sebaiknya bijak dalam memilih kebiasaan jika Anda sedang menurunkan kadar asam urat.

 

sumber: www.followersviva.com.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *