oleh

Buah Ini Ampuh Menurunkan Asam Urat

Smart News Tapanuli – Arthritis merupakan kondisi umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia, termasuk anak-anak. Salah satunya adalah penyakit asam urat. Keadaan ini mengakibakan rasa sakit dan peradangan pada persendian, terutama pada kaki.

Hal itu membuat gerakan menjadi sulit dan terbatas. Dan ini biasanya dipengaruhi kadar asam urat dalam darah.

Namun perubahan pola makan atau gaya hidup dapat mengurangi rasa sakit, serta menurunkan asam urat secara alami di dalam darah.

Salah satunya dengan rajin mengonsumsi buah yang satu ini. Ya, makan lebih banyak labu kuning dapat membantu meringankan bahkan menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Lalu, berapa banyak yang harus kita konsumsi?

Dikutip dari express.co.uk, labu mengandung antioksidan kuat yang bekerja untuk mencegah nyeri sendi, yang disebabkan oleh asam urat, ungkap ahli gizi Joy Bauer.

“Karotenoid tertentu, yang ditemukan dalam sejumlah buah dan sayuran termasuk labu kuning untuk menurunkan semua kondisi peradangan,” kata Joy Bauer.

Menurutnya, hanya satu porsi beta-cryptoxanthin (sejenis karotenoid) setiap hari, maka bisa menurunkan risiko terbentuknya penyakit asam urat. Seingga tak perlu lagi obat asam urat lain.

“Karotenoid adalah kelompok nutrisi antioksidan kuat yang ditemukan dalam banyak buah dan sayuran. Beta-cryptoxanthin dapat mengurangi risiko mengembangkan gangguan terkait peradangan, termasuk rheumatoid arthritis,” ungkap Bauer.

“Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang makan makanan tinggi beta-cryptoxanthin kemungkinan kecil akan terkena asam urat,” jelasnya.

Selain di labu, beta-cryptoxanthin juga ditemukan di pepaya, jeruk keprok, paprika merah, dan aprikot.

“Jeruk juga bisa membantu mencegah nyeri radang sendi, karena kaya akan vitamin C,” ungkap Bauer.

Labu Kuning. (FOTO; bakul.my.id)

Vitamin C bertanggung jawab untuk kesehatan kolagen, salah satu komponen utama dari sendi.

Sementara jenis arthritis yang paling umum di Inggris adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Gejala arthritis termasuk nyeri sendi, kekakuan, gerakan terbatas dan sendi yang meradang. Pasien dapat mengurangi nyeri akibat asam urat dengan berolahraga secara teratur, kata NHS.

Kendati Anda mungkin tidak ingin berolahraga karena radang sendi bisa menyakitkan, tapi itu membantu mencegah rasa sakit kembali dalam jangka panjang. Tapi jika asam urat terlalu tinggi, bisa mencoba ini membuat minuman obat asam urat yang ampuh

Menggabungkan makanan seimbang yang sehat dengan olahraga yang tepat, dapat membantu Anda menurunkan berat badan, dan mengurangi stres pada sendi terutama kaki. (snt)

 

sumber: bakul.my.id/viva.coid

Komentar