Panen Bawang Merah di Sumbul

  • Whatsapp
Panen Bawang Merah di Sumbul, Dairi, Sumut Jumat 8 Februari 2019.

Dairi – Bawang merah merupakan komoditas strategis dan bernilai ekonomi. Bahkan, komoditas bumbu dapur yang satu ini memberi pengaruh besar terhadap pergerakan inflasi di Tanah Air.

Tidak heran, kalau ketersediaan pasokan bawang merah ini sedikit, harganya pun terkerek naik dan ikut memicu terjadinya inflasi di daerah tertentu.

Bacaan Lainnya

Untuk menjaga ketersediaan pasokan dan juga stabilitas harga, pemerintah terus mendorong petani meningkatkan hasil produksi komoditas bawang merah di berbagai daerah penghasil (sentra produksi).

Salah satu contoh, saat ini petani di Desa Dolok Tolong, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, sedang menikmati panen bawang merah.

Komoditas itu dipanen bersama Danramil 01/Sumbul Kapten Arm Situmorang, petugas PPL dan aparat desa, Jumat 8 Februari 2019.

Sejak awal, petani di desa ini terus mendapatkan pendampingan dari Babinsa Koramil 01/Sumbul, Kodim 0206/Dairi, bekerja sama dengan petugas PPL.

“Pendampingan ini merupakan program upaya khusus untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah,” sebut Kapten Arm Situmorang.

Dia kemudian mengajak petani lain di Kecamatan Sumbul, Dairi untuk mengikuti jejak keberhasilan kelompok tani Pelangi yang sudah menikmati hasil panen.

“Kiranya, petani yang lain termotivasi dan terdorong semangatnya untuk menanam bawang merah dan terus meningkatkan hasil produksi, agar tarap hidup masyarakat menjadi lebih baik,” ujar Kapten Situmorang. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *