Ini 7 Menu Buka Puasa Sehat yang Bisa Dicoba

soup
Secangkir Sup Baik untuk Buka Puasa Sehat. (Foto: Pixabay)

SmartNews – Setelah kamu berpuasa seharian, pastilah membutuhkan gizi yang seimbang ketika berbuka puasa. Bulan puasa dapat kita jadikan waktu yang tepat untuk memulai program hidup sehat.

Untuk itu, dengan mengonsumsi makanan yang sehat pada saat berbuka dapat kamu lakukan untuk memulai hidup sehat.

Bacaan Lainnya

Berikut beberapa menu buka puasa yang sehat bisa kamu coba.

Kurma

Kurma dapat menjadi pilihan menu buka puasa sehat dan praktis. Buah kurma menjadi sunah Rasullullah untuk menu berbuka puasa. Buah ini menyimpan kandungan zat besi, gula alami, serat, dan mineral.

Jika kamu menderita sakit kepala atau pusing selama berpuasa, mungkin hal itu disebabkan karena kadar gula darah rendah. Makanlah minimal 3 biji kurma untuk dapat menjadi menu buka yang praktis.

Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan yang kaya serat dan membuat rasa kenyang lebih cepat. Hal ini bagus untuk kamu konsumsi jika melakukan diet.

Memilih oatmeal sebagai menu buka puasa untuk diet bisa menjadi pilihanmu. Tambahkan campuran buah-buah segar, madu, dan susu rendah lemak. Semuanya itu bisa kamu gunakan untuk mendapatkan rasa yang lebih beragam.

Kolak Biji Salak

Kamu bisa membuat kolak biji salak untuk menu takjil sehat buka puasa. Kandungan karbohidrat dari ubi mampu mengembalikan tenaga yang telah terkuras seharian selama berpuasa.

Sup

Sup merupakan menu buka puasa selanjutnya yang bisa kamu coba. Sup terdiri dari sayuran segar yang bisa kamu kreasikan dan ditambah dengan daging ayam, bakso, jamur, dan masih banyak lagi. Sup ini mengandung manfaat untuk mengembalikan energi seharian yang telah terpakai selama berpuasa.

Kelapa Muda

Kelapa muda menjadi pilihan paling mudah untuk melepaskan dahaga selama seharian berpuasa. Kandungan air kelapa muda bisa mengambalikan ion tubuh yang hilang selama seharian.

Kamu bisa mencampurkan es agar terasa lebih segar dan bisa menambahkan gula merah untuk rasa yang lebih manis.

Ikan Bakar

Memilih ikan bakar sebagai menu buka puasa sangat bagus untuk pelaku diet. Ikan merupakan lauk yang rendah lemak. Jangan membakarnya terlalu gosong, karena makanan yang gosong dapat menyebabkan risiko kanker lebih tinggi.

Salad Sayur dan Buah

Sayur dan buah kaya akan vitamin dan serat. Memilih sayur dan buah untuk berbuka dapat mengembalikan tenaga yang hilang. Dengan mengonsumsi sayur dan buah juga tidak akan membuat perut terasa begah. Membuat salad dengan campuran sayur dan buah sesuai seleramu juga membuat berbuka lebih menyenangkan.

Itulah 7 menu buka puasa yang dapat kamu coba. Dengan berpuasa dapat membuat tubuh lebih sehat karena memiliki banyak manfaat. Namun dalam memilih makanan berbuka juga harus memperhatikan manfaat untuk tubuh.

Memilih menu buka dan sahur harus diperhatikan agar kamu dapat menjalani puasa lebih lancar. Kamu juga bisa menggunakan menu di atas untuk menu sahur. Selamat mencoba! (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *