Bagan Apung Teknologi Kompressor Pertama di Indonesia Ada di Sibolga

  • Whatsapp
Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk bersama Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga, Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P) Betrawarman, meninjau Keramba Jaring Apung (KJA) 77 binaan Lanal Sibolga, pada Selasa (25/6/19) pagi. (foto: dok istimewa)

SmartNews, Sibolga – Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk bersama Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga, Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P) Betrawarman, meninjau Keramba Jaring Apung (KJA) 77 binaan Lanal Sibolga, pada Selasa (25/6/19) pagi.

KJA 77 milik Jefri Wilson yang merupakan binaan Lanal Sibolga ini berada di sekitaran Pulau Poncan Gadang Kota Sibolga.

Bacaan Lainnya

Berbagai jenis hewan laut yang di budidayakan di keramba ini antara lain Lobster, Kepiting, Ikan Bado, Karatang, Gabu, Jarang Gigi, Baronang, Kerapu dan jenis ikan lainnya.

Syarfi terlihat begitu senang dan bangga saat meninjau keramba ini, dan menyampaikan apresiasi secara khusus kepada Danlanal dan Jefri, atas usaha yang ramah lingkungan ini.

“Ini sangat bagus, selain dari sisi bisnis ikannya, bahkan ini menjadi peluang pariwisata edukasi laut bagi anak sekolah,” sebut Syarfi.

“Inikan usaha masih merintis, nanti jika usaha ini berkembang baik, saya berharap Pak Jefri berkenan beri pelatihan bagi masyarakat Sibolga, sehingga bisa mengikuti jejak Pak Jefri. Kemudian jika saat ini di sini hanya melakukan pembesaran, saya berharap ke depan di sini ada pembibitan, sehingga masyarakat yang telah dilatih dan membuka usaha begini, gampang dapat bibitnya,” terang Syarfi.

Sementara itu, Jefri menyampaikan, bahwa selain keramba jaring apung, di sini ia juga sedang eksperimen Bagan Apung.

“Pak Wali, ini pertama di Indonesia dengan menggunakan teknologi kompressor angin. Bagan apung ini sangat ramah lingkungan. Kalau ini nanti berhasil, tentu baik untuk digunakan masyarakat pengusaha bagan pancang untuk pengganti bagan pancang yang saat ini. Karena ini bagan apung, sehingga gampang untuk dipindah-pindahkan,” ungkap Jefri.

Danlanal Sibolga didampingi Palaksa Kapten Laut (PM) Hartono dan Pasintel Lanal Sibolga Kapten Laut (P) Aris Alfatah menyampaikan, bahwa ini merupakan salah satu fungsi sosial bagi mereka.

“Ketika ada potensi masyarakat Sibolga yang sangat positif seperti ini, tentu kami selaku Lanal akan membina, agar potensi yang ada dapat dimaksimalkan,” pungkasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *