oleh

Perindo Sibolga Optimis Hadapi Pilkada 2020

SmartNews, Sibolga – Perolehan 15 persen kursi di DPRD Kota Sibolga membuat Partai Persatuan Indonesia (Perindo) optimis menyongsong Pilkada 2020. Namun demikian, partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu tidak mau gegabah. Apalagi di Pilkada Kota Sibolga nanti nihil calon walikota petahana.

Ditemui Rabu (24/7/2019), Ketua DPD Perindo Kota Sibolga Maykel Fuater mengungkapkan bagaimana pihaknya menatap kontestasi memilih pemimpin daerah itu. Pertama soal membuka pintu untuk berkoalisi dengan partai lain.

“Ya, Perindo sudah punya tiga kursi. Misalnya, koalisi untuk satu kursi lagi saja, kan sudah memenuhi syarat utama untuk mengusung satu pasangan calon. Lebih banyak lagi, lebih kuat. Makanya kami sangat optimis menghadapi pilkada nanti,” ujar Maykel.

Kemudian terkait siapa figur yang akan dimajukan? Maykel menjawabnya diplomatis. Namun diakuinya bahwa sejauh ini ada beberapa figur dan tokoh yang telah menjalin komunikasi politik yang mengarah ke pencalonan.

“Politik itu dinamis. Perindo memang punya kader-kader terbaik, tetapi bukan berarti menolak figur non-kader,” tandasnya.

Menurut Maykel, ada pergeseran paradigma di masyarakat dalam memandang sosok pemimpin pemerintahan. Itu terjadi sejak kemunculan figur-figur besar seperti Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di DKI Jakarta, Tri Rismaharini di Surabaya, dan Ridwan Kamil di Jawa Barat.

“Pemimpin yang disukai rakyat itu sekarang yang berkarakter membangun, sederhana dan merakyat, tetapi tetap bijaksana, cerdas dan tegas. Kalau ada seperti itu juga yang kita inginkan untuk Kota Sibolga,” ungkap Maykel.

Terpisah, Rudolf Siagian selaku pemerhati politik lokal, mengakui Perindo memiliki kans besar di pilkada nanti. Baik untuk mendudukkan kadernya maupun posisi tawarnya dalam berkoalisi.

“Makanya harus jeli dan hati-hati menyikapi peluang ini. Jangan terburu-buru menentukan sikap dan memilih figur,” kata Rudolf, Rabu (24/7/2019).

Menurutnya, justru karena partai baru, maka masyarakat berharap Perindo Sibolga dapat mengedepankan calon yang pro rakyat dan pro pembangunan.

“Perindo ini belum dapat dinilai, salah satu ujiannya ya melalui pilkada nanti. Kalau misalnya menang, tetapi karena salah pilih figur, lalu masyarakat akan kecewa,” tandas Rudolf.

Sebelumnya, usai rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD di Pemilu 2019, Senin (22/7/2019), Ketua KPU Kota Sibolga Khalid Walid menginformasikan bahwa sesuai tahapan Pilkada serentak 2020 nanti, pendaftaran calon dijadwalkan pada bulan Maret. Selanjutnya gelaran pilkada dihelat pada bulan September.

“Ini kami informasikan supaya partai-partai politik juga bersiap-siap,” kata Khalid.

Sesuai penetapan KPU, perolehan kursi partai politik di DPRD Kota Sibolga diantaranya; Partai Nasdem 5 kursi, Partai Golkar 3 kursi, Partai Perindo 3 kursi, PDI Perjuangan 2 kursi, Gerindra 2 kursi, Demokrat 2 kursi, PBB 2 kursi, dan PKS 1 kursi. (Mora)

Loading...

Komentar