Perindo dan PSI Humbahas Berkoalisi di Fraksi

  • Whatsapp
Ketua DPD Perindo dan Ketua DPD PSI saat menyatukan persepsi dalam pembentukan fraksi di Lembaga DPRD. (Foto: AND)

SmartNews, Dolok Sanggul – Menjelang pelantikan sekaligus pengambilan sumpah janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Periode 2019-2024 pada, Senin (30/9/2019) mendatang, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sepakat berkoalisi dan membentuk Fraksi Persatuan Solidaritas di Lembaga DPRD.

Pembentukan koalisi dari dua partai baru ini ditandai dengan pembubuhan tandatangan dalam nota kesepahaman bersama di gedung DPRD, usai gladiresik pelantikan DPRD terpilih, Jumat (27/9/2019).

Bacaan Lainnya

Ketua DPD Perindo Humbahas, Guntur Sariaman Simamora kepada wartawan, mengatakan, pembentukan fraksi koalisi dari Partai Perindo dan PSI itu karena masing-masing partai Perindo dan PSI belum bisa mendirikan fraksi murni. Sebab syarat minimal pembentukan fraksi harus ditopang tiga kursi atau gabungan. Sementara hasil Pemilu 2019, Perindo hanya mendapatkan dua kursi dan PSI mendapat satu kursi.

Lebih lanjut katanya, pembentukan fraksi didasari kesamaan azas, menjaga Pancasila, UU 1945 dan keutuhan NKRI dalam bingkai kebhinekaan.

Anggota DPRD terpilih itu juga berharap, fraksi yang akan menjadi alat kelengkapan dewan (AKD) itu dapat seirama, bekerjasama maksimal untuk menyerap aspirasi rakyat dalam peningkatan pembangunan.

Guntur pun menyebutkan, bahwa pembentukan fraksi ini, masing-masing akan dikoordinasikan ke pimpinan partai yang lebih tinggi yakni DPW dan DPP.

“Setelah menerima hasil Pemilu 2019 dari pihak KPU, oleh pimpinan partai, kita sudah didorong membentuk fraksi melalui koalisi/gabungan partai untuk tujuan bersama,” jelasnya.

Senada juga disampaikan Ketua DPD PSI Humbahas, Tomos Purba. Dia menyampaikan, pembentukan fraksi gabungan antara Perindo dan PSI karena adanya kesamaan visi-misi serta terjalinnya komunikasi politik.

Dia juga memaparkan, jauh sebelum pembentukan fraksi gabungan ini, pihaknya sudah diskusi mengenai pembangunan di Humbahas untuk lebih maju.

“Dengan pembentukan fraksi ini, harapan kita pengawasan atas program rencana pemerintah akan terorganisir untuk kepentingan masyarakat luas,” ungkapnya.

Sambungnya lagi, bahwa pembentukan fraksi dari koalisi ini akan dikoordinasikan ke pimpinan yang lebih tinggi yakni DPW dan DPP. Selanjutnya, koalisi ini juga akan disampaikan ke pimpinan sementara di DPRD untuk ditetapkan sebagai AKD.

Sementara, Poltak Purba, anggota DPRD terpilih dari PSI menambahkan, bahwa pembentukan fraksi Persatuan Indonesia diawali adanya komunikasi yang baik di dua partai tersbebut.

Sebagai pendatang baru di lembaga DPRD, kata Poltak, pihaknya siap untuk bekerjasama dan sama-sama bekerja untuk membawa Humbahas ke arah yang lebih baik.

“Sebagai anggota DPRD terpilih kita bekerjasama untuk tujuan yang positif. Untuk pembangunan Humbahas kita membuka diri dan siap menjaring aspirasi masyarakat,” pungkasnya. (AND)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *