Dikerjakan TA 2018, Gedung CT-Scan dan Hemodialisa RSUD Dolok Sanggul Belum Difungsikan

  • Whatsapp
Gedung CT-Scan dan Hemodialisa RSUD Dolok Sanggul, Humbahas, Sumatera Utara. (Foto: AND)

SmartNews, Dolok Sanggul – Proyek gedung CT-Scan dan Hemodialisa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan (Humbahas) yang dikerjakan TA 2018 lalu dengan menelan biaya Rp 2,4 miliar, belum juga dioperasikan atau diserahterimakan kepada pihak rumah sakit.

Berdasarkan pantauan wartawan, kemarin, gedung baru untuk peningkatan pelayanan RSUD Dolok Sanggul itu belum sepenuhnya diinstalasi listrik demikian juga instalasi air.

Bacaan Lainnya

Di dalam ruangan gedung yang baru itu, tampak juga barang rongsokan bekas peralatan para pekerja proyek. Ironisnya, beberapa kamar gedung itu menyerupai gudang sampah.

Direktur RSUD Dolok Sanggul, dr Netty Simanjuntak di ruang kerjanya membenarkan, bahwa pihaknya belum serah terima atas proyek gedung CT-Scan dan Hemodialisa itu.

Untuk pemakaian gedung tersebut pihaknya sudah melayangkan surat kepada bupati agar gedung tersebut segera diserahterimakan dan dioperasikan demi peningkatan pelayanan di RSUD Dolok Sanggul.

“Sembari menyurati bupati, kita juga sudah mengusulkan pengadaan peralatan di gedung CT-Scan dan Hemodialisa. Harapan kita tahun 2020, gedung dan peralatan didalamnya dapat dipakai dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) gedung CT-Scan dan Hemodialisa RSUD Dolok Sanggul, Samuel Butarbutar kepada wartawan mengakui bahwa proyek pembangunan gedung CT-Scan dan Hemodialisa RSUD Dolok Sanggul belum dilakukan serah terima. Sebab pada pembangunan gedung tersebut pihak pemerintah masih berhutang kepada pihak ketiga.

Kondisi Salah Satu Ruangan di Gedung CT-Scan dan Hemodialisa RSUD Dolok Sanggul, Humbahas, Sumut. (Foto: AND)

Samuel juga membantah adanya kejanggalan dalam proyek tersebut. “Secara teknis, pekerjaan itu tak ada menyalahi aturan. Semua berjalan sesuai dengan mekanisme yang tertuang di kontrak,” katanya.

Dia juga menjelaskan, untuk kelengkapan pembangunan gedung itu, Pemkab Humbahas melalui RSUD Dolok Sanggul harus memberikan luncuran.

“Untuk 2019, pihak RSUD harusnya memberikan dana luncuran senilai Rp400 juta. Namun luncuran tadi tak dianggarkan, sehingga pekerjaan tersebut belum bisa diserahterimakan ke RSUD Dolok Sanggul,” pungkasnya. (AND)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *