Bule Spanyol Daftar Bakal Calon Bupati Samosir, Ketua KPU: Gak Ada Masalah

  • Whatsapp
Carlos, seorang bule asal Spanyol, mendaftarkan sebagai bakal calon bupati Samosir, Sumatera Utara (Sumut) ke Partai NasDem. (Foto: DOk-Istimewa)

SmartNews, Samosir – Bule asal Spanyol, Carlos Melgares Varon (56), mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Samosir ke Partai NasDem.

Terkait pencalonan Carlos, KPU mengatakan tak ada masalah karena Carlos sudah jadi WNI.

Bacaan Lainnya

Nggak (ada masalah), kan syaratnya warga negara Indonesia. Pokoknya dia WNI boleh,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Medan, Selasa (22/10/2019).

Arief menyebutkan tidak ada aturan yang melarang Carlos ikut pilkada jika sudah menjadi WNI. Dia juga menjelaskan tak ada aturan soal berapa lama WNA yang dinaturalisasi menjadi WNI untuk ikut pilkada.

“Soal berapa lama itu aturan (saat) jadi WNI-nya, itu yang diatur sebelum seseorang jadi WNI,” sebut Arief.

Sebelumnya diberitakan, Carlos mendaftarkan diri ke DPD Partai NasDem Samosir sebagai bakal calon Bupati Samosir 2020-2025 pada Jumat (18/10/2019). Carlos menjadi WNI sejak 2008.

Ketua DPD Partai NasDem Samosir, Sarhochel Tamba menyebut Carlos telah menikah dengan wanita berdarah Batak bermarga Malau. Carlos Sendiri diberi marga Simbolon. Carlos diketahui pemilik CS Soccer Academy dan Ucam Soccer Academy di Jakarta.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Sumut, Iskandar ST mengatakan, pihaknya tidak akan membeda-bedakan dan memberikan perlakukan khusus kepada calon-calon kepala daerah yang mendaftar ke Partai NasDem.

“Kami mengapresiasilah, artinya kami tidak membedakan warna kulit, suku, dan sebagainya,” ujar Iskandar, kemarin.

“Selagi dia ingin membawa kebaikan untuk masyarakat di daerah dan memenuhi persyaratan, tentu saja kami proses,” imbuhnya.

Untuk mengusung calon bupati, NasDem tidak harus berkoalisi dengan partai lainnya. Sebab, mereka memiliki lima kursi di DPRD Samosir.

“Animo cukup besar di Samosir. Karena NasDem bisa mengusung sendiri. NasDem tidak harus berkoalisi dengan partai lain,” ungkapnya. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *