Sekjen TPO Asia Pasifik Kunjungi Samosir

  • Whatsapp
Sekjen TPO Asia Pasifik Prof. Dr Kim Soo - II Berkunjung ke Samosir.

SmartNews, Samosir – Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Rai Telaumbanua memaparkan pertimbangan aklamasi memilih Sumut penuh dengan perjuangan untuk menjadi tuan rumah Tourims Promotion Organization (TPO ) tahun 2021 mendatang.

“Pemprovsu akan mempersiapkan diri dari segala aspek, termasuk 33 kab/kota menjadi tuan rumah dan membawa nama Indonesia,” kata Ria Telambanua, saat menggelar temu pers di Rumah Dinas Bupati Samosir, Selasa ( 29/10/2019).

Bacaan Lainnya

Ria mengatakan, peluang besar dan tantangan menjadi tuan rumah. Sehingga Sekjen TPO, mengunjungi Samosir guna persiapan sarana dan prasarana seperti melihat hotel yang dapat menampung 1500 delegasi untuk mengunjungi objek wisata.

“Salah satu daerah yg dikunjungi Kabupaten Samosir, karena kesiapan dan komitmen Bupati Samosir merupakan satu hal yang baik. Menjadikan Samosir menjadi tempat yg dikunjungi delegasi serta memperbaiki infrastruktur maupun menggunakan anggaran APBD maupun APBN,” ucap dia.

Sementara itu, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menjelaskan, setelah mengikuti sidang TPO, perjuangan dan keberpihakan Mr Kim menjadikan Sumut menjadi tuan rumah harus diapresiasi karena beranggotakan 16 negara dan 126 Kab/kota peserta se-Asia Pasifik.

“Karena Samosir menjadi destinasi kunjungan delegasi TPO, Mr Kim meninjau. Pembangunan objek wisata yang akan selesai tahun 2020 sampai bulan 6 tahun 2021. Satu-satunya daerah yang dikunjungi adalah Kabupaten Samosir,” ucapnya.

Apa keuntungannya Kabupaten Samosir? Tahun 2021 dipromosikan TPO, Sumut dan Samosir untuk dikunjungi wisata. Promosi secara besar-besaran. semua infrastruktur dan objek wisata akan clear.

Menurutnya, memperjelas Global Geopark Network (GGN) sah menjadi anggota dan diresmikan bulan April tahun 2020. Dua kejadian yang saling mendukung untuk mendobrak kunjungan wisata. Pergaulan internasional akan menjadi perhitungan. Kita mewujudkan daerah ini menjadi kunjungan wisata yang mendunia.

“Kemarin sudah dilakukan rapat di Provsu untuk merumuskan hal-hal yang berkaitan. Telah melaporkan hal ini kepada Menko Kemaritiman,” beber dia.

Menurutnya, Dinas Pariwisata akan bergandengan dengan TPO ini, sehingga kedepan lebih eksis.

“Supaya cepat terkenal, hasil yang positif Kabupaten Samosir semakin hari semakin baik,” jelas Rapidin.

Sekretaris Jenderal Tourism Promotion Organization For Asia Pasifik And The Delegations Prof. DR Kim Soo -Il menjelaskan, beberapa negara yang memiliki pariwisata yang berbeda direncanakan akan hadir saat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah tahun 2021.

Kim menambahkan, pihaknya juga akan menggelar festival seni. “Target pemerintah 2 juta wisatawan berkunjung ke Samosir. Dana yang dikucurkan ke Samosir akan banyak untuk membeli souvenir, tentu manfaatnya sangat banyak,” ucap Kim.

Harapan kami, lanjut Kim, Presiden RI Joko Widodo berkenan membuka sidang itu, karena akan dihadiri sejumlah kepala daerah, tentu pengamanan juga harus dipersiapkan sebab anggota TPO se-asia pasifik akan hadir.

Penasehat Presiden Korsel ini mengaku jatuh cinta terhadap Kabupaten Samosir. Selain itu sambung dia, Busan Internadional akan fokus terhadap kampung ulos di Desa Lumban Suhi serta akan dipublis di Korea.

“Mau mengangkat ulos karena memiliki sejarah dan akan memiliki nilai jual,” tandas Kim. (DON)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *