30 Panwascam Humbahas Siap Bekerja

  • Whatsapp
Foto bersama usai pelantikan Panwascam se Kabupaten Humbahas. (and)

SmartNews, Humbahas – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada September tahun 2020, sebanyak 30 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dilantik di Grand Maju Hotel, Dolok Sanggul, Senin (23/12/2019).

Pelantikan diwarnai dengan pengambilan sumpah janji oleh Ketua Bawaslu Humbahas, Henri Wesley Pasaribu didampingi anggota Bawaslu Humbahas Jahormat Lumban Toruan, Efrida Purba, dan dihadiri Ketua KPUD Humbahas, Binsar Pardamean Sihombing, Forkopimda Humbahas, Rohaniawan dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Panwascam yang dilantik juga melakukan penandatanganan pakta integritas.

Pada prosesi pelantikan, Ketua Bawaslu Humbahas, Henri Wesley Pasaribu membacakan amanah Ketua Bawaslu RI Abhan. Bunyinya adalah, Panwascam dituntut mendedikasikan seluruh kemampuan dan kapasitasnya untuk melaksanakan ketentuan peraturan perundang-perundangan.

Dikatakan, bahwa banyak parameter yang ditetapkan untuk perekrutan Panwascam. Selain integtitas dan kredibilitas, kemampuan dan wawasan juga sangat dituntut. Mempunyai kemampuan dasar komputer melalui ujian CAT.

“Proses seleksi Panwascam secara online tidak mudah. Untuk itu Panwascam terpilih agar menggunakan kewenangan sesuai perundang-undangan,” pintanya.

Lebih jauh, katanya, bahwa Pemilu 2019 dengan Pilkada serentak 2020 berbeda menurut tipologi politik, relasi faktor politik dan potensi konflik, sehingga kualitas, integritas dan kredibilitas diperlukan dalam melaksanakan pengawasan di tingkat kecamatan dapat berjalan pilkada secara demokratis, langsung, umum, bebas, serta jujur dan adil.

“Panwascam kecamatan yang terpilih adalah orang-orang pilihan yang sesuai ekspektasi Bawaslu. Keterpilihan sahabat melalui seleksi yang sehat. Atas keterpilihan ini saya ucapkan selamat datang di keluarga besar Bawaslu. Kita semua akan bekerja menjalankan tugas dan wewenang pengetahuan dan keterampilan,” ujarnya.

Sementara, mewakili Bupati Humbahas, Asisten Pemerintahan, Makden Sihombing, mengatakan, Panwascam yang terpilih adalah yang terbaik dan memenuhi persyaratan.

“Hendaknya disyukuri. Karena mendapatkan kesempatan dan kehormatan dari negara,” katanya.

Dalam manjalankan tugas dan wewenang dan tugas lainnya sesuai undang-undang, Panwascam harus komunikatif dan bersikap netral. Membangun koordinasi kepada semua stakeholder yang baik juga bersikap netral.

“Menjalankan tugas negara ini, tidak menutup kemungkinan Panwascam tidak memiliki hubungan keluarga dengan salahsatu peserta peserta Pemilu. Sehingga dalam hal ini Panwascam harus menguasai tupoksi dan melaksanakn tugas sesuai integritas yang handal dan komitmen yang tangguh dan tinggi,” pungkasnya. (and)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *