oleh

11 Januari Akan Terjadi Gerhana Bulan Penumbra

SmartNews – Gerhana Bulan Penumbra akan kembali terjadi dan dapat disaksikan di Indonesia. Informasi ini diumumkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beberapa hari lalu.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs resmi BMKG, Jumat (10/1/2020), Gerhana Bulan Penumbra ini mulai terjadi, sekira pukul 00.05 WIB dini hari, Sabtu (11/1/2020).

Loading...

Durasi Gerhana Bulan Penumbra kali ini adalah 4 jam 08,7 menit. Dengan pembagian, waktu puncak gerhana pukul 02.10 WIB dan waktu berakhirnya pukul 04.14.

Menurut BMKG, peristiwa Gerhana Bulan Penumbra ini dapat diamati di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sementara, bagian paling timur Indonesia akan dapat mengamati peristiwa ini saat Bulan terbenam.

Selain Indonesia, peristiwa ini dapat dilihat di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian timur, sebagian kecil Australia bagian barat, dan Samudra Hindia.

Sementara proses gerhana saat Bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian barat, Samudra Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian timur laut, dan sebagain kecil Amerika Selatan bagian timur.

Baca Juga :
Kasus Togel, Warga Sipea-pea Tapteng Ditangkap Polisi

Gerhana Bulan Penumbra kali ini merupakan anggota ke-16 dari 71 anggota seri Saros 144.

BMKG mengatakan, gerhana kali ini berasosiasi dengan peristiwa serupa pada 30 Desember 2001, sedangkan gerhana bulan selanjutnya yang juga berasosiasi dengan peristiwa ini, terjadi pada 21 Januari 2038.

Untuk diketahui, Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak seluruhnya sampai ke Bulan.

Peristiwa ini terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Biasanya, peristiwa ini hanya terjadi saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Selain Gerhana Bulan Penumbra di awal tahun ini, BMKG juga mencatat ada enam gerhana yang akan terjadi sepanjang 2020.

Untuk mengetahuinya, berikut ini daftar peristiwa tersebut:

1. Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020 yang dapat diamati dari Indonesia

2. Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020 yang dapat diamati dari Indonesia

3. Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 yang dapat diamati di Indonesia berupa Gerhana Matahari sebagian, kecuali sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatra bagian selatan

Baca Juga :
Bupati Nikson Fokus Identifikasi 4 Sektor Ini di Tapanuli Utara

4. Gerhana Bulan Penumbra 5 Juli 2020 yang tidak dapat diamati dari Indonesia

5. Gerhana Bulan Penumbra 20 November 2020 yang dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian barat menjelang gerhana berakhir.

6. Gerhana Matahari Total 14 Desember 2020 yang tidak dapat diamati dari Indonesia. (Lp6)

Loading...

Komentar