Ini Imbauan Dinkes Kepada Sekolah se-Tapteng Terkait Corona

  • Whatsapp
Sosialisasi Dinkes kepada Kepala Sekolah Tapteng terkait Virus Corona
Foto: Kepala Sekolah se-Tapteng saat menyanyikan dan mempraktekkan 'ada 7 langkah untuk mencuci tangan' oleh Dinkes di Aula Dinas Pendidikan, Senin (16/3/2020).

SmartNews, Tapanuli – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Dinas Pendidikan melaksanakan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) kepada kepala sekolah se-Tapteng di Aula Dinas Pendidikan, Senin (16/3/2020).

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Tapteng Samrul Bahri Hutabarat mengatakan, bahwa sosialisasi ini bertujuan sebagai pengenalan dan upaya pencegahan covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kami mengajak Bapak/Ibu para kepala sekolah untuk serius melakukan tindakan pencegahan agar virus corona tidak menyebar di sekolah-sekolah. Sehingga perlu dilaksanakan sosialisasi dari Dinas Kesehatan Tapteng,” katanya.

“Saya menginstruksikan kepada kepala sekolah agar di sekolah-sekolahnya melengkapi fasilitas cuci tangan dengan air mengalir bagi guru dan anak didik, maka penyebaran covid-19 bisa dihindarkan,” sambungnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Tapteng Ewiya Laili mengatakan perlu memahami informasi yang benar mengenai corona, serta berbagai upaya pencegahan penyebarannya yang dilakukan.

“Kita tidak perlu panik berlebihan, namun tetap tenang dan waspada. Kita harus tahu langkah untuk mengatasi covid-19 ini dengan cara berperilaku hidup bersih dan sehat seperti rajin mencuci tangan dengan benar memakai sabun atau hand sanitizer anti septik dengan air mengalir jika hendak bepergian/beraktifitas di luar ruangan. Kemudian perbanyak mengkonsumsi gizi seimbang dan istirahat yang cukup,” katanya.

“Jika sakit batuk agar menerapkan etika batuk, dan kalau sakit berlanjut segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat. Selanjutnya, jika ada orang baru bepergian/datang dari negara atau tempat yang terjangkit corona harap melapor ke pihak kesehatan agar dipantau kesehatannya selama 14 hari. Puskesmas siaga 24 jam on call,” tambah Ewiya.

Dinkes Tapteng juga mengajak seluruh kepala sekolah yang hadir menyanyikan lagu ‘ada 7 langkah untuk mencuci tangan’ sambil mempraktekannya agar disampaikan kepada siswa/i dan para guru di sekolah.

“Ada 7 langkah untuk cuci tangan, mulai dari depan hingga kebelakang, sela-sela jari, buku-buku jari, kuku-kuku jari, jempol pergelangan,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *