Mantan Wakil Wali Kota Sibolga Terpilih Jadi Sekwan DPRD Sumut

  • Whatsapp
FOTO: Google.

SmartNews, Tapanuli – Afifi Lubis terpilih menjadi Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sumatra Utara (Sumut).

Dilansir hariansib, Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting membenarkan bahwa dewan telah memilih Afifi Lubis dari tiga nama yang diusulkan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk menjadi Sekwan.

Bacaan Lainnya

Afifi Lubis menggantikan Erwin Lubis yang telah memasuki masa pensiun terhitung 1 Mei 2020.

“Afifi Lubis merupakan satu dari 3 nama (Afifi Lubis, Zubaidi dan Mulyadi Simatupang) yang diusulkan Gubernur ke lembaga legislatif sebagai Sekwan,” kata Baskami Ginting kepada wartawan, Senin (4/5/2020), di DPRD Sumut.

Ditanya adanya penolakan terhadap calon Sekwan yang diusulkan Gubernur, Baskami Ginting mengungkapkan, bahwa dewan tidak menolak, dan sudah menyetujui Afifi Lubis dari 3 nama usulan Gubernur.

“Kami telah mengirim surat balasannya terkait persetujuan calon Sekwan,” katanya.

Dia mengungkapkan, bahwa awalnya pimpinan dewan meminta agar seorang pejabat di Sekretariat DPRD Sumut Drs Toman Nababan MM sebagai pengganti Erwin Lubis, tapi kepangkatan dan golongannya belum memenuhi syarat, sehingga keinginan itu kandas.

FOTO: Afifi Lubis. (Foto: Dok-Istimewa)

“Toman Nababan masih eselon III dan untuk mengisi eselon II, mesti ikut lelang jabatan dan asesmen lagi nanti.Tadinya kami mau Plt (pelaksana tugas) kepada Toman Nababan, tapi Gubernur maunya Sekwan harus definitif. Akhirnya dari 3 nama yang diusul, sesuai rapat pimpinan dewan, fraksi dan komisi, memilih Afifi,” jelasnya.

Untuk diketahui, mantan Wakil Wali Kota Sibolga 2005-2010 itu masih menjabat Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumut, dan pernah jadi Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sekdaprov Sumut. (hs/snt)

 

Editor: Syahuan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *