BMKG Pasang Alat Pendeteksi Gempa di Humbahas

  • Whatsapp
FOTO: Istimewa.

SmartNews, Tapanuli – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Deliserdang, Sumatra Utara (Sumut), memasang alat pendeteksi gempa bumi atau Smart Display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Deliserdang, Teguh Rahayu mengatakan, alat pendeteksi gempa tersebut di pasang di kantor bupati Humbahas.

Bacaan Lainnya

Teguh Rahayu menjelaskan, daerah Humbahas merupakan wilayah yang berada pada zona sesar Sumatra dan patahan lokal Renun A.

“Untuk itu sangat diperlukan pemasangan Smart Display WRS New Gen sebagai upaya percepatan diseminasi informasi gempa bumi dan tsunami kepada seluruh stakeholder di daerah Humbahas,” ujar Teguh Rahayu, Senin (6/7/2020) dilansir Antara.

Dijelaskan, WRS New Gen di Kantor Bupati Humbahas merupakan pemasangan ke lima dari rencana 11 WRS New Gen yang akan dipasangan di Sumut.

Katanya, pemasangan WRS New Gen ini, langsung diterima oleh Kepala Pelaksana BPBD Humbahas, Tumbur Hutagaol.

“Dengan adanya alat tersebut, tentunya kita akan lebih cepat mengetahui jika terjadi gempa bumi dan bisa secepatnya melakukan antisipasi agar lebih meminimalisir dampak kerugian baik material maupun korban jiwa,” kata Tumbur. (Ant_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *