Tak Baik Minum Kopi Saat Perut Kosong, Begini Penjelasannya

  • Whatsapp
FOTO: Ilustrasi Secangkir Kopi. (Foto: Pixabay)

SmartNews, Tapanuli – Saat pagii hari tentu waktu yang pas untuk enak minum kopi panas. Namun, dokter menganjurkan agar mengisi perut dulu sebelum minum kopi.

Di berbagai negara, salah satunya Indonesia, bahwa budaya minum kopi di pagi hari sudah melekat. Ada banyak orang terutama saat baru bangun tidur tidak bisa lepas dari kopi terutama saat baru bangun tidur.

Bacaan Lainnya

Dianggap bahwa kandungan kafein di dalam kopi dapat membuat tubuh lebih segar dan tidak mudah mengantuk.

Akan tetapi meminum kopi sebelum sarapan saat perut masih kosong disebut tidak baik bagi kesehatan.

Seperti melansir dari Yahoo Lifestyle (17/7/2020), ini penjelasan kenapa minum kopi di pagi hari saat perut kosong harus tidak baik bagi kesehatan.

Meningkatkan Kortisol

Dokter Carlyn Rosenblum MS, RD, mengatakan ada beberapa alasan mengapa minum kopi di pagi hari tidak terlalu sehat, apalagi bagi perempuan.

“Alasan pertama adalah dapat mengganggu sekaligus meningkatkan hormon kortisol. Hormon kortisol berlebih bisa mengganggu proses ovulasi, berat badan, hingga keseimbangan hormon,” ujar Dokter Rosenblum.

Dia menyebutkan bahwa hormon kortisol merupakan hormon yang berfungsi mengendalikan stres, serta menyediakan energi dengan menggunakan glukosa dan lemak dalam metabolisme tubuh.

Dijelaskan bahwa kortisol ini biasanya paling tinggi di pagi hari, kemudian mereda di sore hari.

Dikatakan, ada beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kafein ketika kortisol sedang tinggi, bisa menyebabkan produksi kortisol yang berlebih.

Masalah Kesehatan Usus

“Minum kopi usai bangun tidur bisa memicu masalah kesehatan usus,” jelas Dokter Rosenblum.

Kendati dia menjelaskan bahwa beberapa penelitian masih rancu tentang efek kopi pada kesehatan usus. Namun Dokter Rosenblum mengingatkan bahwa jika seseorang rentan terhadap asam lambung atau masalah usus lainnya, maka sebaiknya memperhatikan kondisi tubuh untuk mengetahui apakah konsumsi kopi memperburuk penyakit ini.

Rosenblum menyarankan jika tak bisa lepas dari kopi, agar mengonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti yogurt, bayam, kale, biji chia hingga almond.

Menu sarapan ini kata dia bisa menetralisir keasaman kopi dan asam lambung kamu.

Efek Gelisah

Sementara itu, Dokter Adam Simon selaku kepala medis di PushDoctor UK mengatakan, ada beberapa efek samping dari konsumsi kopi di pagi hari saat perut kosong. Kondisi berkaitan dengan perubahan suasana hati yang cukup ekstrem.

“Minum kopi saat perut kosong bisa membuat seseorang gelisah, gemetar, hingga efek samping lainnya. Termasuk perubahan suasana hati,” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, kopi bisa meningkatkan gejala kecemasan, sekaligus meningkatkan detak jantung, kesulitan untuk fokus hingga membuat orang lebih sensitif dan mudah marah.

Kehilangan Mineral dan Kurangnya Nutrisi

Dengan rutin meminum kopi setiap pagi ternyata dapat membuat tubuh kehilangan beberapa mineral penting. Hal ini disebabkan usai meminum kopi, tubuh akan membuangnya melalui urine atau air kencing.

Sehingga dari sana, beberapa mineral di dalam tubuh juga ikut keluar. Kopi bisa meningkatkan proses ekskreksi atau proses pembuangan kalsium, potassoum, dan magnesium dari dalam tubuh.

Sedangkan beberapa kopi yang diracik dengan gula sampai krim, merupakan minuman yang kurang bernutrisi untuk tubuh di pagi hari.

Waktu Terbaik Ngopi di Pagi Hari

Dokter Rosenblum menyarankan waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi yang terpenting perut dalam keadaan tidak kosong.

“Waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi bisa setelah sarapan, sekitar jam 9.30 pagi atau di siang hari. Di waktu ini hormon kortisol biasanya tengah rendah. Pada saat ini lah kopi baru memberikan dorongan energi untuk tubuh,” tutur dia.

Akan tetapi waktu ini tergantung dengan aktivitas dan rutinitas setiap orang. Bila seseorang bangun lebih pagi atau lebih siang, mereka bisa menyesuaikan waktu untuk minum kopi usai mereka sarapan. (dt_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *