Ini 11 Ramalan Bill Gates yang Tak Meleset, Termasuk Wabah Virus Corona

  • Whatsapp
Bill Gates. (Foto: Dok_Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Bill Gates sudah malang melintang di industri teknologi sejak belia dan kutu buku, tak salah kalau insting serta pengetahuannya super tajam.

Misalnya sekitar 21 tahun lampau, Bill Gates menulis buku berisikan banyak prediksi terkait masa depan dunia teknologi. Dan, hasilnya, hampir semuanya tepat.

Bacaan Lainnya

Diketahui bahwa pada tahun 1999, Bill Gates menulis buku berjudul Business @ the Speed of Thought.

Di dalam buku tersebut banyak membahas soal prediksi bagaimana internet akan mengubah bisnis dan banyak hal. Ada lagi ramalannya yang tepat, selain di buku itu.

Inilah beberapa ramalan Bill Gates yang terbukti tepat, seperti dilansir detikcom, Kamis (20/8/2020).

1. Situs Perbandingan Harga

“Layanan perbandingan harga akan dikembangkan yang memungkinkan orang mengetahui perbandingan harga yang ada di beberapa website, sehingga membuat upaya dalam menemukan produk termurah menjadi mudah,” tulis Gates.

Dan hal tersebut saat ini sungguh terjadi. Orang dengan mudah bisa mencari perbandingan harga untuk barang yang sama di Google atau Amazon.

Sedangkan website seperti MySmartPrice diluncurkan secara khusus untuk membandingkan harga produk.

2. Perangkat Mobile

“Orang-orang akan membawa perangkat kecil yang memungkinkan mereka tetap berhubungan atau melakukan bisnis elektronik secara konstan di manapun berada. Mereka akan bisa melihat berita, jadwal penerbangan, informasi pasar keuangan dan hal-hal lainnya di perangkat itu,” terang Gates.

Untuk kondisi saat ini, perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan yang terakhir jam pintar semakin menjamur. Sehingga orang bisa melakukan banyak hal serta mengakses hampir segala macam informasi dari perangkat tersebut.

3. Pembayaran Instan dan Perawatan Kesehatan

“Orang-orang akan membayar tagihan mereka, mengatur keuangan dan berkomunikasi dengan dokter mereka melalui internet,” tulis Gates.

Saat ini, melakukan transaksi ataupun mengelola keuangan bisa dilakukan di banyak website. Dan ada juga beberapa website yang memfasilitasi komunikasi dengan dokter meskipun memang belum banyak.

4. Asisten Pribadi dan Internet of Things

“Semacam teman pribadi akan dikembangkan. Ia akan mengecek email atau notifikasi dan menampilkan informasi yang Anda butuhkan” tulis Bill Gates.

“Ketika Anda pergi ke toko, Anda bisa mengatakan resep makanan yang ingin Anda siapkan dan perangkat itu otomatis menampilkan bahan-bahan yang diperlukan. Perangkat yang Anda pakai menyesuaikan apa yang Anda lakukan,” sambung Gates.

Nah, saat ini sudah ada Google Now yang menjadi semacam asisten pribadi canggih di smartphone Android yang mengetahui kebiasaan penggunanya. Sedangkan perangkat pintar seperti Nest mengumpulkan data kegiatan pengguna sehari-hari dan bisa secara otomatis mengatur suhu rumah.

5. Kamera Pemantau

“Tayangan video konstan di rumah Anda akan menjadi hal umum, yang menginformasikan pada Anda ketika ada orang yang berkunjung saat Anda tidak ada di rumah,” tulis Bill Gates.

Sekarang, kamera pemantau sudah banyak dipasang di rumah dan bisa diawasi melalui smartphone. Dari yang paling murah sampai paling canggih, semua ada.

6. Media Sosial

“Website privat untuk teman dan keluarga Anda akan menjadi hal umum, memungkinkan Anda untuk berbincang-bincang dan merencanakan acara,” tulis Gates.

Sekarang, media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram sangat populer. Kembali prediksi Gates terbukti cukup tepat meski media sosial zaman sekarang cenderung menjadi ajang pamer dan tak terlalu privat lagi.

7. Diskon Liburan

“Ada software yang mengetahui kapan Anda memesan tiket perjalanan dan menggunakan informasi itu untuk menyarankan tentang aktivitas di tempat tujuan. Ia akan menyarankan soal aktivitas, diskon, penawaran lain dan harga lebih murah untuk semua hal yang barangkali Anda ingin ikut serta,” tulis Gates.

Sekarang, situs seperti Expedia dan Kayak bisa menawarkan deal berdasarkan data pembelian Anda dahulu.

Sementara, iklan dari Google dan Facebook bisa menawarkan promosi berdasarkan tempat tinggal pengguna.

8. Website Diskusi Olahraga

“Sambil menonton olahraga di televisi, layanan ini memungkinkan Anda mendiskusikan apa yang sedang terjadi dan mengikuti tebak-tebakan di mana Anda bisa memilih siapa yang akan menang,” tulis Gates.

Sekarang, prediksi itu benar-benar terjadi. Media sosial seperti Twitter memfasilitasi diskusi semacam itu. Demikian juga orang bisa menulis komentar online di website berita seperti ESPN.

9. Iklan Pintar

“Perangkat akan memiliki iklan pintar. Ia akan tahu tentang tren pembelian Anda dan akan menampilkan iklan yang sesuai untuk Anda,” tulis Gates.

Layanan iklan online sudah jamak punya fitur semacam itu sekarang. Pengiklan bisa menyasar pengguna dengan menampilkan iklan yang sesuai dengan ketertarikan dan pola pembelian mereka.

10. Rekruitmen Pegawai Online

“Orang-orang yang mencari pekerjaan akan mampu menemukan kesempatan kerja di internet dengan menyebutkan ketertarikan, kebutuhan dan skill khusus mereka,” tulis Gates.

Lowongan kerja saat ini sudah banyak dipajang di internet. Sementara, media sosial seperti LinkedIn memungkinkan pengakses memajang riwayat hidup dan keterampilan profesional mereka dengan kemungkinan direkrut oleh tempat kerja yang tertarik.

11. Wabah Virus

Bill Gates beberapa kali pernah memperingatkan soal wabah virus. Peringatan ini antara lain disampaikan dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Massachusetts Medical Society dan New England Journal of Medicine pada April 2018.

Saat itu, Gates memperingatkan dampak yang akan terjadi jika wabah virus seperti flu Spanyol kembali terjadi di era modern. Virus ini ia sebut kemungkinan besar berasal dari binatang seperti burung, ayam atau babi. Dan benarlah kemudian, walaupun tidak benar-benar persis dan tak disebutkan namanya, wabah virus Corona terjadi di 2020. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *