Makin Canggih, Amerika Serikat Segera Ujicoba Tank Robot Perang

  • Whatsapp
FOTO: Tank M5, Kendaraan Tempur Robotik US Army. (Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Amerika Serikat (AS) sudah punya rencana memasukkan peran robot dalam angkatan perang mulai semakin nyata.

Saat ini AS sedang mengembangkan kendaraan tempur robot bertenaga listrik. Tentu saja, penambahan peran robot dalam angkatan bersenjata AS, dan sudah dipertimbangkan matang-matang. Hal ini dilakukan agar bisa mengurangi jumlah kematian prajurit di medan perang.

Bacaan Lainnya

Dikutip VIVA Militer dari Military, Senin (12/10/2020) , kendaraan tempur robot yang akan melewati tahap uji coba di Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) adalah M5 Ripsaw Robotic Combat Vechicle.

Dan pada awal tahun ini, angkatan darat memilih tim Textron untuk mengembangkan kendaraan tak berawak dari anak perusahaannya, Howe & Howe.

Mereka terpilih untuk membuat dan memproduksi platform Medium Combat Vehicle atau RCV. US Army ingin mengembangkan RCV versi ringan dan sedang, untuk memberikan opsi dalam mengirim kendaraan tak berawak ke pertempuran melawan pasukan musuh.

Sebanyak empat kendaraan M5, yang bertenaga diesel dan motor listrik hybrid akan diujicoba pada akhir tahun ini.

Kendaraan tempur tak berawak ini dilengkapi dengan, dua motor listrik hybrid bertenaga 900 horse power dan diesel range extender.

Range extender adalah sebuah generator, yang memungkinkan kendaraan dapat menempuh perjalanan sekitar 300 hingga 400 mil.

Diketahui pula bahwa kendaraan yang serba listrik ini, tidak akan memiliki menara meriam seperti kendaraan tempur standar M5 yang lainnya.

Namun sejauh ini belum diketahui pasti, jenis persenjataan diri apa yang akan ada di dalam kendaraan tak berawak atau drone itu. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *