VIDEO, Ini Penjelasan Jokowi saat Kunjungi Food Estate di Humbahas

  • Whatsapp
Presiden RI Joko Widodo Tinjau Lokasi Pengembangan Food Estate di Desa Ria-ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas, Sumut, Selasa 27 Oktober 2020. (Foto: Istimwa)

SNT, Humbahas – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi ) mengunjungi lahan pengembangan Food Estate di Desa Ria-ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara, Selasa (27/2020).

Dalam kunjungannya ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Bacaan Lainnya

Kepada Presiden Jokowi, Menteri Pertanian dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, secara bergantian memaparkan lokasi lahan food estate ini.

Usai melakukan peninjauan, Presiden Jokowi mengatakan, bahwa ketersediaan lahan yang ada seluas 60 ribu hektare, namun nantinya hanya 30 ribu hektare yang dimanfaatkan untuk food estate yang tersebar di beberapa Kabupaten di Sumut, mulai dari Kabupaten Humbahas, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Jokowi mengatakan, di lokasi food estate itu ditanami tiga komoditi unggulan yakni kentang, bawang merah dan bawang putih.

Diharapkan, hasil food estate sudah berproduksi sekitar 2,5 bulan ke depan. Jokowi juga berharap agar di provinsi lain melakukan hal yang sama untuk mendongkrak lumbung pangan secara nasional.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kedatangan Presiden ke Humbahas untuk melihat kesiapan food estate yang dicanangkan di Sumut.

Dijelaskan, ini merupakan awal untuk memulai 60 ribu hektare food estate. Yasin Limpo mengungkapkan, dengan keberadaan food estate ini, diharapkan Indonesia mengurangi import bawang dari luar negeri.

Katanya lagi, selain di Sumut, lahan food estate yang menjadi konsentrasi adalah di daerah Kalimantan Tengah.

Kabar baiknya lanjut Yasin Limpo, ia optimis keberadaan food estate di Sumut akan berkembang baik, sebab beberapa perusahaan dan industri besar sudah datang untuk menawarkan kerjasama.

Menteri juga mengungkapkan, Kabupaten Humbahas dijadikan sebagai salah satu lahan food estate karena potensi lahannya bagus dan sangat berpotensi.

Sementara itu, dalam kunjungan sehari ke Kabupaten Humbahas, Presiden Jokowi juga membagikan sertifikat tanah masyarakat.

Peninjauan food estate ini sebagai langkah awal dalam proses pengembangan lahan yang dilakukan pemerintah dalam mempercepat upaya untuk mengantisipasi Indonesia dari ancaman krisis pangan, seperti diperingatkan badan pangan dan pertanian dunia (fao). (snt_rtb)

Berita videonya simak di sini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *