Jokowi Minta Sandiaga Uno Benahi Danau Toba

  • Whatsapp
Danau Toba (Foto: Pixabay)

SNT, Jakarta – Sandiaga Salahuddin Uno sudah resmi dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (23/12/2020).

Kepada Sandiaga Uno, Presiden Jokowi Widodo berpesan untuk membenahi lima destinasi super prioritas, yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Bacaan Lainnya

Adapun, lima destinasi super prioritas itu merupakan bagian dari proyek 10 Bali baru. “Harus ada perubahan yang mendasar pada saat membenahi lima destinasi super prioritas,” kata Sandi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Jokowi meminta Sandi untuk melakukan quick win dalam satu tahun. Maka dari itu, Sandi akan melakukan inovasi pariwisata, mulai dari busana, tarian, infrastruktur, kuliner, fesyen, hingga kriya.

Selain itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mendorong kebangkitan sektor pariwisata dengan penerapan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE). Adaptasi ini dilakukan untuk menghadapi pandemi COVID-19.

Sandi berupaya untuk mengembangkan pemberdayaan sektor pariwisata guna menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, mempertahankan pendapatan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Sebelumnya, Sandi mengatakan ada tiga strategi yang digunakan untuk menyelamatkan dan menggenjot pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini digoyang pandemi.

Yang pertama adalah adopsi penggunaan teknologi dan big data untuk memetakan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian strategi kedua, mendahulukan kesehatan dan keselamatan di destinasi wisata dan seluruh lini usaha kreatif.

Selanjutnya, kolaborasi dengan segala pihak mulai dari Pemerintah pusat, daerah, akademisi, hingga dunia usaha.

Beberapa yang disinggung adalah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Terkait hal itu, Sandi pun mengatakan amanat yang diberikan Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sangat berat. Apalagi masih ada jutaan pekerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak COVID-19.

Presiden RI Joko Widodo Bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Di saat bersamaan, Sandi merasa dua sektor ini bisa menjadi lokomotif ekonomi RI usai diterpa pandemi.

Karenanya, strategi tersebut akan dilakukan demi memperbaiki keadaan. Sedangkan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) menganggap latar belakang Sandiaga sebagai pengusaha cocok untuk memulihkan sektor pariwisata.

“Banyak sekali sektor pariwisata ini yang berkaitan langsung dengan pelaku UMKM. Mudah-mudahan bapak Sandiaga bisa membantu membangkitkan lagi hal tersebut,” kata Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asita Budijanto Ardiansjah, Rabu. (int)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *