Kapal Crane Akan Diterjunkan Mengangkat Bagian Besar Sriwijaya Air

WhatsApp Image 2021 01 09 at 19.10.08

SNT – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, sedang mengupayakan untuk pengangkatan part besar dari pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Hadi Tjahjanto mengatakan, kapal dengan kemampuan crane diterjunkan. “Bagian-bagian kecil masih bisa kita ambil, namun bagian-bagian yang besar akan kita datangkan kapal yang memiliki kemampuan crane untuk mengangkat bagian-bagian tersebut,” kata Hadi di JICT 2, Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Dijelaskan, tim gabungan, baik dari TNI AL, Polri, beserta Basarnas juga fokus mengangkat kotak hitam atau black box.

Hadi mengatakan, posisi kotak hitam pesawat Sriwijaya sudah ditemukan. “Terbukti 2 sinyal yang dikeluarkan oleh black box terus bisa dipantau dan sudah kita beri marking mudah-mudahan dalam waktu yang terlalu lama black box bisa kita angkat sehingga sebagai bahan KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut,” jelas Hadi.

Potongan dari pesawat Sriwijaya Air berada di kedalaman 23 meter. masih terus dilakukan proses pengangkatan.

“Berkat doa masyarakat Indonesia rencana pengangkatan potongan-potongan pesawat di kedalaman kurang lebih 23 meter, bisa segera diangkat,” kata Hadi.

KNKT sebelumnya sudah mengerahkan juga tiga alat untuk menemukan black box. Diharapkan dengan ditemukan titik itu, black box bisa segera ditemukan.

“Kita sekarang sudah mengetahui posisi dari kedua black box tadi dan KNKT turunkan 3 alat dan sudah berada di KRI Rigel dan segera akan dilaksanakan pencarian oleh para penyelam dengan menggunakan portable fire finder,” kata Soerjanto Tjahjono selaku Kepala KNKT.

“Mudah-mudahan tak terlalu lama kita bisa mendapatkan black box ini jadi hari ini konsentrasi cari black box dan mengidentifikasi part yang sudah ditemukan. Selanjutnya me-marking part ini ditemukan di mana untuk mengevaluasi bagaimana penyebaran serpihan tersebut,” ujarnya. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *