Diminta Luhut, Sandiaga Uno Siap Bereskan Toilet Tempat Wisata, Termasuk di Danau Toba

  • Whatsapp
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat Mengunjungi Danau Toba, Baru-baru ini (Foto: tangkapan layar video Instagram)

SNT – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberi tugas kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk membereskan persoalan toilet yang sering tidak terawat di sejumlah destinasi wisata.

Sandiga Uno membenarkan tugas yang disampaikan oleh Luhut Pandjaitan. Dia mengaku tugas itu merupakan tantangan.

Bacaan Lainnya

“Waktu saya diminta bersihkan toilet oleh Pak Luhut, saya merasa terhormat, karena bahwa ya percuma kita punya destinasi berkualitas, tapi toilet tidak berkualitas,” sebut Sandiaga dalam wawancara khusus bersama Tempo, Kamis (13/1/2021).

Menurut Sandiaga, jika kondisi toilet yang kotor di berbagai titik wisata, tentu akan memberikan pengalaman buruk bagi wisatawan, apalagi bagi wisatawan asing.

Terkait hal itu, Sandiaga Uno mengatakan rencananya untuk merevitalisasi toilet di beberapa destinasi, khususnya destinasi wisata prioritas, seperti Labuan Bajo, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Danau Toba.

Langkah awal yang akan dilakukan, yakni akan menjalin kerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI).

Sandiaga menargetkan, toilet memiliki desain dan fasilitas yang baik, yang nantinya akan mempengaruhi tingkat kunjungan wisata.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Hari Santosa Sungkari berharap agar ATI dapat membantu Kemenparekraf dalam merevitalisasi toilet sehingga nyaman untuk digunakan turis.

Dia menjelaskan, setelah kelar di lima destinasi super prioritas, revitalisasi akan dilanjutkan ke destinasi yang lain.

“Yang sangat penting saat ini dan kritis adalah di destinasi wisata yang publik seperti pantai, gunung,” kata dia.
Terkait hal di atas, Ketua ATI Naning Adiwoso, mengatakan, siap bekerja sama dengan Kementerian untuk merevitalisasi toilet di destinasi wisata.

Pembenahan toilet, kata Naning Adiwoso, merupakan bagian dari upaya bersama untuk menciptakan destinasi wisata yang sehat.

“Saya harap ke depannya toilet ini menjadi sangat penting karena menurut WHO, negara yang maju itu kalau negaranya sehat,” imbuhnya.

Sementara itu, pada Mei 2020 lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat itu, Wishnutama Kusubandio, mengatakan kebersihan toilet di destinasi tujuan turis ini sudah pernah disinggung oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sebuah rapat terbatas, ia mengungkapkan, Presiden Jokowi memintanya untuk menyiapkan toilet-toilet umum sekelas bintang empat, seperti yang sudah dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Tak hanya soal toilet, Wishnutama pun menyinggung keamanan turis-turis di titik wisata olahraga, seperti di spot penyelaman, mesti terjamin. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *