Mobil Jokowi Terobos Banjir Kalimantan Selatan

foto
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung banjir di Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). (Foto: detikcom)

SNT – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung banjir di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (18/1/2021). Mobil RI 1 itu pun terlihat menerobos banjir.

Presiden Jokowi yang berada di dalam mobil kepresidenan melintasi banjir di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungannya di tengah guyuran hujan, Jokowi melakukan peninjauan lokasi terdampak bencana banjir di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Di lokasi tersebut, Presiden Jokowi menyaksikan kondisi lokasi yang hingga kini masih terjebak banjir.

Selain itu, Jokowi memberikan instruksi kepada jajaran terkait yang di antaranya adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, dari atas Jembatan Pekauman.

Saya sudah melihat langsung dampak banjir di sejumlah tempat di Kalimantan Selatan. Curah hujan yang sangat tinggi selama hampir sepuluh hari berturut-turut menyebabkan Sungai Barito meluap. Sejumlah sarana penghubung rusak, salah satunya Jembatan Mataraman di Kabupaten Banjar yang runtuh. Puluhan ribu warga terpaksa mengungsi. Saya telah memerintahkan kepada Menteri PUPR untuk memperbaiki beberapa jembatan yang runtuh, kalau bisa selesai dalam tiga atau empat hari ini, agar mobilitas dan distribusi barang tidak terganggu. Adapun evakuasi warga terdampak banjir, tampaknya telah dapat ditangani dengan baik. Saya tinggal memastikan ketersediaan logistik dan kebutuhan lain bagi para pengungsi yang berada di pengungsian.
Pada kesempatan ini saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal dalam musibah banjir di Kalimantan Selatan ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan,” demikian disampaikan Presiden Jokowi lewat laman Facebooknya, seperti dikutip SNT. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *