Bobol Kotak Amal Masjid di Tapteng, Pria Warga Madina Ditangkap

  • Whatsapp
Paparan tersangka RH di Mapolres Tapteng. (Foto: dok_istimewa)

SNT, Tapteng – Seorang pencuri uang kotak amal di Kabupaten Tapteng, Sumatra Utara (Sumut) ditangkap, setelah wajahnya dikenali lewat rekaman CCTV masjid.

Pelaku seorang pria berinsial RH (35) warga Desa Gunung Tua Jae, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut.

Bacaan Lainnya

Sedangkan kotak amal yang dibobolnya berada di dalam masjid As-Syakirin, di Lingkungan II, Kelurahan Lumut, Kecamatan Lumut.

“Pelaku ditangkap personel Polsek Sibabangun Senin (25/1/2021) saat sedang parkir di depan rumah makan Basamo di Kelurahan Pinangsori,” kata Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto melalui Kasubbag Humas, AKP Horas Gurning, Selasa (26/1).

Baca Juga: Barang Buktinya Diamankan dari Kampung Losung Bersama Seorang Pria

“Dari pelaku, petugas mengamankan sebuah obeng biasa bergagang plastik warna hitam kombinasi kuning. Sebuah tang bergagang plastik warna merah. Uang tunai Rp55 ribu, serta satu unit sepeda motor milik pelaku Honda Karisma warna hitam nomor polisi BB 5475 LR,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan pelapor SH yang juga pengurus masjid. Pada Jumat (22/1/2021) siang sekira pukul 13.30 WIB, ia bersama S dan RS baru selesai melaksanakan ibadah sholat jumat.

Baca Juga: Duh, Anak di Bawah Umur Terlibat Pencurian di Kios Pakaian di Kota Sibolga

Selanjutnya, SH, S dan RS hendak menghitung uang infak di dalam kotak amal yang berada didalam masjid, namun saat itu gembok kotak amal tersebut sudah rusak.

Untuk memastikannya, SH dan pengurus masjid membuka kotak amal itu, ternyata uang di dalamnya sudah hilang.

Kemudian SH dan rekannya melihat isi rekaman CCTV yang berada di dalam masjid tersebut, memperlihatkan seseorang pria mencuri uang infak di dalam kotak amal.

Berdasarkan rekaman CCTV itu, kejadiannya pada Rabu (20/1/2021) sekira pukul 09.40 WIB. “Selanjutnya pada Senin (25/1) pukul 16.30 WIB, personel Polsek Sibabangun mendapat informasi dari warga Kelurahan Lumut yang melihat sepeda motor yang digunakan pelaku yang sesuai dengan rekaman CCTV, sedang parkir di depan rumah makan Basamo Kelurahan Pinangsori,” kata Gurning.

Baca Juga: Cari Ongkos Pulang, Sopir asal Medan Ini Beraksi di Sibolga

“Mendapat informasi tersebut, personel Polsek Sibabangun langsung bergerak ke lokasi tersebut dan langsung mengamankan RH,” jelasnya.

Kini, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, RH bersama barang bukti diamankan ke Mapolsek Sibabangun untuk proses lebih lanjut. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *