Rumah Dibongkar Rentenir, Sekeluarga Tinggal di Bekas Kandang Kambing

  • Whatsapp
Kondisi tempat satu keluarga di Lampung Tengah yang tinggal di bekas kandang kambing karena rumahnya dibongkar rentenir (Foto : dok_iNews)

SNT – Kabar memprihatinkan datang dari satu keluarga di Lampung Tengah. Mereka kini terpaksa harus beradaptasi menempati bekas kandang kambing milik tetangganya.

Hal tersebut terjadi karena keluarga tersebut terlilit utang, sehingga rumah mereka pun dibongkar oleh rentenir.

Bacaan Lainnya

Mereka adalah pasangan suami-istri Lilik Sudarja (32) dan erna wati (29), warga kampung Banjar Karta Rahayu, Kabupaten Lampung Tengah.

Keluarga ini harus merelakan rumahnya dibongkar oleh rentenir karena tak bisa membayar utang mereka.

Baca Juga: Viral PNS Makeup Bak Barbie

Sudah 4 hari pasutri tersebut tinggal di bekas kandang kambing milik tetangganya berukuran 3 x 4 meter dengan penerangan seadanya.

Lantai tanah dan gribik bolong bolong yang disulam dengan kardus, setidaknya membuat istri dan dua anaknya yang satu masih berumur 5 tahun dan balita, bisa berteduh dari panas dan hujan.

Dilansir okezone, Kamis (11/2/2021) pembongkaran yang dilakukan rentenir itu sebagai pengganti atas utang yang tidak bisa dilunasi keluarga tersebut.

Baca Juga: Kamar Warga Binaan Lapas Siborongborong Digeledah

Kejadian itu berawal sekitar 6 bulan lalu, saat mereka tidak memiliki uang untuk kehidupan sehari hari dan terpaksa meminjam Rp2 juta kepada rentenir.

Akan tetapi karena bunga yang dipatok terlalu tinggi, sehingga ia selama ini cuma bisa membayar bunganya saja karena pekerjaan Lilik hanya sebagai buruh serabutan.

Baca Juga: Akhyar Nasution Dilantik Jadi Wali Kota Medan 6 Hari

Ketika dilakukan penagihan 5 hari lalu, ia tidak memiliki uang. Kemudian si rentenir tersebut langsung membongkar rumahnya tanpa ada peringatan sama sekali.

Keluarga ini pun terpaksa menepati bekas kandang kambing milik tetangganya, bahkan bekas kandang kambing yang ia sulap menjadi rumah tersebut kondisinya memperihatinkan.

Kondisinya tidak memiliki pintu, atap bocor, serta tembok gribik yang bolong-bolong ia sulam dengan kardus agar dinginnya tidak masuk kerumahnya saat ia dan keluarga sedang tidur.

Baca Juga: Pertama Kali Terjadi di Bandara FL Tobing Tapteng, Siapa Pengirim Paket Ini? Tujuan Kalimantan

“Enggak ada omongan apa-apa. Saya itu baru pulang dari tempat kakak pinjam Rp2 juta untuk bayar utang, tapi pas sampai rumah saya sudah dibongkar. Ya, nasib saya seperti ini mau apa lagi,” kata Erna, istri Lilik, Kamis (11/2/2021).

Kendati tak layak, Lilik beserta keluarga tetap tinggal di sana, karena ia tidak mau merepotkan keluarganya. (oz/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *