Kamar Warga Binaan Lapas Siborongborong Digeledah

  • Whatsapp
Momen saat Razia di Lapas Klas IIB Siborongborong (Foto: dok_ts)

SNT, Taput – Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Klas IIB Siborongborong berkomitmen memberantas peredaran narkoba, dan barang-barang terlarang lainnya yang mungkin saja masuk di area Lapas.

“Deteksi dini dengan melakukan razia rutin dan razia bersifat insidentil yakni penggeledahan kamar dan blok hunian warga binaan,” tegas Kalapas Pithra Jaya Saragih, Kamis, Kamis (11/2/2021).

Bacaan Lainnya

Ia bersama jajaran petugas tidak akan berdiam diri dengan berbagai kasus yang kerap terjadi yang melibatkan warga binaan.

Baca Juga: Mudah! Ikuti Cara Ini Untuk Temukan HP yang Hilang

Biasanya warga binaan berupaya melakukan cara untuk mengelabui petugas demi memasukan barang terlarang, seperti narkoba, senjata tajam dan alat komunikasi, setelah masuk kemudian disembunyikan agar tidak diketahui petugas.

“Kita bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Simalungun dan aparat penegak hukum Kepolisian, dalam upaya pemberantasan peredaran narkoba yang dikendalikan oleh warga binaan dari dalam lapas,” tegasnya lagi didamping Ka.KPLP, Ucok Pangihutan Sinabang.

Baca Juga: Pak Boy Ditangkap dari Pangaribuan, Tondang dari Tapsel

Katanya, secara kelembagaan, Lapas Siborongborong akan kooperatif dan tidak menghalangi proses hukum yang melibatkan warga binaan, bila pihak BNN atau aparat penegak hukum lainnya yang sewaktu waktu menjemput warga binaan yang tersandung dengan peredaran narkoba, untuk dimintai keterangan.

“Selain razia rutin dan insidentil, pencegahan juga dilakukan dengan cara sosialisasi bahaya narkoba, sosialisasi terkait hak dan kewajiban warga binaan, pembekalan rohani dengan tujuan menekan gangguan keamanan dan ketertiban,” Saragih menambahkan. (ts)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *