Tiga Menteri Panen Kentang di Food Estate Humbahas

  • Whatsapp

SNT, Humbahas – Menteri Pertanian, Sahrul Yassin Limpo dan Menteri Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri PUPR Basoeki Hadi Moeljono memanen kentang di lokasi Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara (Sumut), Selasa (23/3/2021).

Lokasinya di Desa Hutajulu, Desa Parsingguran II dan Desa Riaria, Kecamatan Pollung, Humbahas.

Bacaan Lainnya

Kedatangan tiga menteri ini disambut Gubsu Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak serta sejumlah bupati kawasan tapanuli raya.

Baca Juga: Jokowi Jadikan Tapteng Jadi Lokasi Food Estate, Bupati Bakhtiar Bilang Begini

Rombongan menteri tersebut memulai agenda kunjungannya dengan ikut memanen perdana tanaman kentang di Desa Riaria di areal seluas 215 hektare lahan food estate.

Tingkat keberhasilan dari pertanaman holtikultura kentang ini diperkirakan mencapai 75 persen. Sehingga Menteri Pertanian berharap berkat dari capaian keberhasilan itu dampak pembukaan lahan pertanian food estate di Sumut bakal mensejahterakan masyarakat, khususnya di Kabupaten Humbahas.

Baca Juga: Kabupaten Humbahas Dijadikan Kawasan Food Estate

Sahrul Yassin Limpo mengatakan, perluasan pembukaan lahan pertanian di areal food estate ini akan terus dilakukan.

“Kita panen perdana, dan hasilnya cukup bagus dari semua lahan yang kita siapkan kurang lebih 215 hektare itu 75 persen menghasilkan rata-rata sejajar dengan tingkat nasional,” ujar Yassin Limpo kepada wartawan.

Hamparan lahan yang membentang dari Desa Hutajulu hingga Desa Parsingguran II dengan luas 2000 hektare akan terus dikerjakan alsintan yang telah disediakan pemerintah Kabupaten Humbahas yang berkolaborasi dengan pihak kementerian pertanian.

Di tahun 2021, tambahan lahan seluas 785 hektare juga sudah hampir selesai dibuka. Keseluruhan lahan ini nantinya akan ditanami tanaman holtikultura, yakni bawang merah, bawang putih dan kentang.

Baca Juga: Jokowi ke Humbahas, Gubsu Tinjau Persiapan Lahan Food Estate

Lahan yang memiliki luas ribuan hektare itu juga nantinya akan diolah masyarakat sekitar dan hasil panen akan ditampung oleh pihak perusahaan investor. Hal itu dilakukan guna menjamin hasil panen tidak terganggu faktor fluktuasi harga. (rtb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *