Bayi Jadi Cengeng Dengar Suara Knalpot Blong, Masyarakat Dukung Polres Humbahas yang Melakukan Penertiban

  • Whatsapp
Knalpot Blong
Polantas Humbahas Tertibkan Sepeda Motor Berknalpot Blong. (Foto: dok-istimewa)

SNT, Humbahas – Masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara (Sumut) mendukung penuh kepolisian yang gencar menertibkan kendaraan memakai knalpot blong atau racing.

Banyaknya pengendara motor di Humbahas memakai knalpot blong, bikin bising dan mengganggu ketentraman masyarakat.

Bacaan Lainnya

Apalagi pengendara itu kerap memacu kebisingan knalpot mereka saat tengah malam ketika warga tengah tidur lelap.

“Terima kasih untuk pak Kapolres yang baru dan seluruh jajarannya, karena suara suara bising kereta (sepeda motor) itu sudah diamankan satu persatu. Terus terang, suara knalpot racing sangat meresahkan kami. Apalagi saat beristirahat tengah malam,” kata Donny Simanullang, warga Doloksanggul kepada wartawan baru-baru ini.

Sementara itu, warga lainnya, Irma Lumban Gaol mengatakan, kebisingan knalpot saat tengah malam kerap menyusahkan anak bayinya untuk tidur.

Sehingga senada dengan Donny, ia pun turut mengapresiasi tindakan pihak kepolisian dalam hal penertiban knalpot blong atau racing.

“Kadang nanti pas kita mau menidurkan anak, tiba-tiba ada di luar sana yang menggas kendaraan mereka dan terpaksa anak kita gak tidur-tidur. Jadi cengeng,” katanya.

“Jadi kami sebagai warga yang ikut resah, mendukung Polantas mengamankan knalpot mereka (pengendara sepeda motor) . Bila perlu, ditilang aja, biar ada efek jera,” sebutnya.

Dihubungi terpisah, Kasat Lantas Polres Humbahas AKP Danil Saragih melalui Kasubsatgas Dakgar Aipda Noris Tambunan menjelaskan, upaya penertiban kendaraan berknalpot blong di Humbahas akan terus digalakkan.

Hal itu kata dia merupakan upaya meminimalisir keresahan masyarakat apalagi di saat bulan puasa saat ini.

Noris menerangkan, selain menertibkan knalpot blong, pihaknya juga akan selalu berupaya menjaga kenyamanan setiap pengendara. Setiap pengendara, harus mengenakan masker, helm, dan tidak melanggar lalu lintas.

“Kita semaksimal mungkin akan tetap mengedepankan kenyamanan masyarakat dan tentunya pengendara. Bagi setiap pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, kita akan menegur dan memberikan peringatan,’ ujar Noris, Sabtu (17/4/2021).

Noris menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Sat Lantas Polres Humbahas untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, sehingga terwujud menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta menghambat penyebaran COVID-19 di wilayah Humbahas.

Selain itu, juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melaksanakan mudik lebaran Hari Idul fitri tahun ini karena situasi masih Pandemi COVID-19.

Sambung Noris, kegiatan itu digelar dalam rangka cipta kondisi agar perayaan Idul Fitri nanti, suasana aman dan tertib.

“Fokus operasi kepolisian ini adalah masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum ataupun pribadi, lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta kegiatan berlalu lintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas” pungkasnya. (rtb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *