Disdukcapil Humbahas Salurkan 2242 Adminduk

  • Whatsapp
Humbahas
Disdukcapil Humbahas Salurkan 2242 Adminduk. (Foto: dok/snt/rtb)

SNT, Humbahas – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Humbahas menyerahkan 2242 adminduk, diantaranya, 1216 Kartu Identitas Anak (KIA), 500 Akta Lahir (AL) dan 526 Akta Kawin (AK) untuk Kecamatan Parlilitan, diterima langsung Camat, Elliapzan Sihotang dan Kades, didampingi Camat Pakkat, Mangoloi Purba di Kantor Disdukcapil di Kompleks Tano Tubu, Dolok Sanggul, Selasa (20/4/2021).

Kadis Dukcapil Humbahas, Jara Trisepto Lumbantoruan mengatakan, adminduk merupakan hak dari setiap penduduk dan melekat secara individu sesuai amanat UU No 24 Tahun 2013 tentang Adminduk .

Bacaan Lainnya

Bahkan, adminduk harus kerap di update secara berkala bila memang diperlukan semisal ada peristiwa penting yang dialami oleh masyarakat.

“Disdukcapil Humbahas siap melayani masyarakat tanpa ada pungutan alias gratis. Semua urusan adminduk siap dilayani oleh kantor ini. Ini merupakan komitmen kami, bahwa setiap penduduk harus memiliki adminduk,” kata Jara.

Dijelaskan, capaian adminduk merupakan hasil pelayanan sistem jemput bola (Sijempol) tahun ini.

“Ini hasil yang kita peroleh di program jemput bola (Sijempol) selama 20 hari di Kecamatan Parlilitan. Seterusnya, program yang sama juga akan dilakukan pada seluruh Kecamatan di Humbahas,” jelasnya.

Secara umum kata Jara, pihaknya sudah merealisasi adminduk sebagai capaian yaitu KIA sebanyak 68537 atau 30.07 persen, AL 58.464 atau 77 persen dan Rekaman KTP-El sebanyak 137157 jiwa atau 104,92 persen dari hasil konsolidasi bersih Semester II 2020.

Minter Hulman Tumanggor, anggota komisi A DPRD Humbahas yang ikut dalam penyerahan adminduk mengatakan sangat mengapresiasi kinerja Disdukcapil Humbahas sebagai bentuk pelayanan yang memanjakan masyarakat.

“Pelayanan ini sangat kita apresiasi, dimana pihak Disdukcatpil langsung terjun melakukan jemput bola ke Kecamatan Parlilitan, artinya masyarakat tidak lagi ribet harus datang ke kabupaten untuk mengurus adminduknya,” jelas dia.

Minter juga mengimbau agar masyarakat yang belum memiliki adminduk segera melakukan pengurusan untuk mendapatkan data kependudukan yang sah.

“Saat ini setiap kebijakan bantuan yang dilakukan oleh pemerintah semua sudah berbasis adminduk. Jadi segera diurus adminduknya, belum lagi, semuanya gratis tanpa biaya,” tukas Minter.

Camat Parlilitan, Elliapzan Sihotang mengatakan pihaknya sangat mendukung program Jempol Disdukcapil yang hasilnya sangat membanggakan masyarakat Parlilitan.

“Ini pekerjaan dengan progres yang luar biasa dan hanya dilakukan dalam tempo 20 hari kerja. Kita sangat Aplus prestasi ini. Nantinya, adminduk ini akan didistribusikan pada kades ke dusun hingga ke penerima,” pungkasnya. (rtb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *