Objek Asing Terbang di Langit Bandung, Ini Penjelasan BMKG dan Peneliti

  • Whatsapp
Benda asing terbang di langit Bandung (Foto: tangkapan layar video)
Benda asing terbang di langit Bandung (Foto: tangkapan layar video)

SNT – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung berkomentar soal benda asing yang terbang di langit Bandung, dan sempat membuat geger dunia maya, Kamis (29/7/2021). Objek bercahaya itu masih menjadi teka-teki.

BMKG memastikan benda asing tersebut bukan merupakan fenomena cuaca atau meteorologis.

Bacaan Lainnya

Dan berdasarkan pantauan BMKG, tidak adanya awan hujan pada waktu benda asing muncul dilaporkan.

“Dapat disimpulkan bahwa fenomena yang terlihat oleh masyarakat tadi pagi di langit dari wilayah Pasirkaliki Kota Bandung, bukan merupakan fenomena meteorologis,” kata Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu saat dikonfirmasi wartawan.

Rahayu mengatakan, langit di Bandung dalam kondisi cerah dengan kecepatan angin berada di kisaran 6 kilometer per jam. Tidak terpantau pula adanya awan hujan.

“Pada saat tersebut berdasarkan pengamatan BMKG Bandung, langit dalam kondisi cerah berawan (dengan nilai octave 2) dan kecepatan angin 6 kilometer per jam. Terpantau awan Cirrus (tinggi), dan tidak terpantau adanya awan hujan (Cb),” katanya.

Peneliti Bidang Astronomi dan Astrofisika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Judhistira Aria Utama mengaku belum dapat menyimpulkan identitas objek tersebut.

“Fenomena atau objek menarik yang dianggap ‘tak biasa’ itu, sebenarnya bisa jadi objek terestrial, objek Bumi yang biasa dijumpai, misalnya balon gas biasa, balon udara untuk penelitian, pesawat nir awak atau drone yang mengkilap karena pantulan sinar matahari,” ujar Judhistira.

“Tanpa ada data pendukung yang memadai, saya tidak bisa bicara banyak tentang fenomena aneh di langit Bandung yang ditanyakan,” katanya.

Dalam video berdurasi lima detik yang diterima detikcom pun dari sang perekam. Terlihat dalam video itu sejumlah benda berwarna putih terbang dan jumlahnya ditaksir sekitar puluhan. Selain itu, benda itu juga terlihat berkerlap-kerlip.

Irman salah seorang penjaga proyek bangunan yang turut menyaksikan pemandangan itu mengatakan, benda asing itu pertama kali terlihat oleh pegawai bangunan yang tengah memasang steger.

Pegawai itu kemudian memberitahu Irman dan pegawai lainnya terkait pemandangan yang dilihatnya.

“Dia memberitahu saya, ada yang aneh di atas. Pas saya lihat kok banyak gitu ya, bendanya seperti apa. Kalau drone tidak mungkin, burung juga tidak seperti itu bergerombol terus jauh, sampai kelihatan jauh itu warnanya putih,” ujar Irman. (dtc/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *