Tips Memilih Laptop untuk Konten Kreator

  • Whatsapp
Tips Memilih Laptop untuk Konten Kreator (ilustrasi)
Tips Memilih Laptop untuk Konten Kreator (ilustrasi)

SNT – Semakin berkembangnya zaman, terutama di era digital ini banyak sekali lowongan unik yang mulai bermunculan. Salah satunya Konten Kreator. Apa sih itu konten kreator? Mereka adalah orang-orang yang membuat konten digital untuk kita nikmati seperti video, artikel, cerita, komik, dan lain-lain.

Namun, menjadi konten kreator tidaklah mudah. Selain harus menguasai hard skill dan soft skill untuk mengembangkan karya mereka, konten kreator juga membutuhkan peralatan yang memadai untuk mendukung kinerja pembuatan karya. Salah satunya yaitu laptop.

Bacaan Lainnya

Laptop untuk konten kreator ini, memerlukan spesifikasi khusus. Jadi bukan sembarang laptop ya, melainkan laptop yang cocok untuk konten kreator gunakan. Hal ini karena kinerja laptop untuk konten kreator jelas berbeda dengan laptop yang biasa digunakan untuk mengerjakan tugas biasa.

8 Tips memilih Laptop untuk Konten Kreator

Dalam memilih laptop untuk konten kreator, Anda harus memastikan dulu ingin menjadi konten kreator seperti apa. Misalnya ingin membuat konten berupa video, gambar, atau hanya tulisan. Karena tentu saja kinerja ketiganya cukup berbeda.

Contohnya konten berupa video dan gambar, Anda membutuhkan laptop dengan tambahan kartu grafis. Sedangkan untuk konten berupa tulisan, kapasitas prosesor dan RAM yang cukup sudah bisa digunakan untuk membuat konten.

Langsung saja kita bahas cara memilih laptop untuk konten reator berikut ini.

Menentukan kapasitas RAM

RAM ini sangat menentukan cepat atau tidaknya kinerja sebuah laptop. Terutama bagi Anda yang biasa membuka software lebih dari satu agar bisa menyelesaikan tugas dengan mudah. Untuk konten berupa tulisan, Anda cukup menggunakan RAM 4 GB ke atas. Karena kinerja program menulis seperti Microsoft Office tidak terlalu banyak memakan RAM.

Sedangkan Anda yang sering menggunakan untuk menggambar atau mengedit video membutuhkan RAM 8 GB keatas. Hal ini untuk mencegah laptop nge-lag ketika editing sedang berlangsung. Tentu tidak lucu jika Anda sedang dikejar target, tapi berakhir harus menunggu laptop yang nge-lag.

Menentukan spefikasi prosesor

Prosesor merupakan otak dari laptop. Sehingga dia menentukan beban kinerja yang dapat ditampung sebuah laptop. Apabila Anda memiliki tugas yang cukup banyak untuk membuat konten, pilihlah prosesor generasi terbaru seperti Intel Core i5 atau yang setara lainnya.

Namun, jika tugas-tugas Anda tidak terlalu banyak, masih bisa menggunakan prosesor jenis Intel Core i3. Karena prosesor jenis ini cukup ramah di kantong.

Adanya kartu grafis

Bagi Anda yang sering membuat projek berupa video atau gambar, sangat direkomendasikan memiliki laptop dengan kartu grafis. Seperti NVIDIA atau AMD. Karena laptop untuk konten kreator dengan kartu grafis dapat membuat hasil editing Anda lebih bagus. Seperti warna gambar yang lebih cerah dan hasil video yang tidak putus-putus.

Memilih resolusi layar

Karena Anda akan menatap laptop lebih lama, rekomendasi laptop untuk Konten Kreator yang baik yaitu jenis laptop yang memiliki resolusi tinggi. Dengan resolusi tinggi, mata Anda akan betah berlama-lama untuk mengerjakan proyek panjang. Namun, tetap ingat untuk beristirahat ya.

Untuk resolusi, Anda bisa memilih ukuran 13 sampai 15 inch.

Memilih media penyimpanan

Ada dua tipe media penyimpanan, yaitu HDD atau SSD. Bagi Anda yang membutuhkan kinerja cepat, sebaiknya pilihlah penyimpanan bertipe SSD.

Tipe ini sangat cocok untuk editor video atau gambar karena memiliki performa yang cepat dalam memproses data. Hanya saja harganya memang lebih tinggi. Jadi, untuk media penyimpanan, sesuaikan dengan kebutuhanmu saja ya.

Pilih yang memiliki OS terbaru

Pastikan juga laptop untuk konten kreator yang Anda pilih memiliki OS terbaru. Dengan jenis OS terbaru, tentu saja kinerja laptop semakin baik. Hal ini karena setiap sistemnya terupdate, seperti sistem security, perbaikan bug, perbaikan performa, dan lain-lain. Tentu saja dengan demikian akan mengurangi drama laptop yang ngadat.

Pastikan memiliki sistem pendingin

Karena digunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda membutuhkan laptop yang memiliki sistem pendingin. Tetapi untuk hal ini bisa diakali dengan membeli kipas pendingin laptop tambahan.

Mengapa demikian? Karena panas pada laptop akan membuat hardware mudah terbakar dan tentu saja akan cepat rusak. Jika dibiarkan hal ini dapat menambah biaya perbaikan laptop atau malah

Anda harus membeli laptop baru lagi.

Siapkan budget yang sesuai

Untuk tips terakhir tentu saja adalah menyiapkan budget. Karena spesifikasi laptop yang semakin tinggi tentu membutuhkan budget yang tidak murah. Namun, tentu saja itu worth it apabila konten yang Anda buat memiliki kualitas yang mumpuni dan disukai oleh banyak orang.

Yah, ada kerja, tentu ada hasil yang nyata. Namun, tenang saja. Sekarang sudah banyak kok laptop dengan budget minim dan spesifikasi yang mumpuni.

Pembahasan profesi konten kreator cukup menarik, begitu juga dengan laptop yang dipilih. Semoga tips mengenai pemilihan laptop untuk konten kreator di atas membantu Anda yang saat ini menekuni profesi tersebut.

Oh ya, bagi Anda yang sedang mencari laptop untuk membuat konten, Anda bisa mendapatkannya di Blibli, marketplace ternama di Indonesia. Di sini Anda dapat menemukan berbagai macam laptop berkualitas sesuai kebutuhan.

Selain laptop, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam kebutuhan seperti kebutuhan pokok untuk sehari-hari, alat-alat elektronik, hingga peralatan gaya hidup lainnya hanya di Blibli.

Blibli telah berkomitmen untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan belanja kepada konsumen.
Jika Anda ingin mencari laptop yang berkualitas, Anda bisa memilih produk dari Lenovo, brand ternama yang juga menjual perangkat smartphone dan peralatan elektronik lainnya.

Di Blibli, Anda bisa mendapatkan berbagai varian laptop dan smartphone yang sesuai untuk meningkatkan produktivitas Anda. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *