Tips Cerdas Agar Bisa Liburan Akhir Bulan dengan Nyaman

  • Whatsapp
Ilustrasi (Foto: Istcokphoto)
Ilustrasi (Foto: Istcokphoto)

SNT – Liburan akhir bulan kerap dihindari karena belum gajian dan berbagai alasan lainnya. Namun membayangkan bahwa tempat liburan akan sepi pengunjung karena banyak orang lebih memilih bepergian di awal bulan.

Tentu kesempatan itu sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi coba untuk melakukannya dengan cerdas.

Bacaan Lainnya

Liburan saat belum gajian berarti Anda sudah melakukan berbagai persiapan dengan matang sebelumnya. Salah satunya melalui Traveloka promo tiket pesawat.

Jadi, kapan pun ingin berlibur, bahkan akhir bulan juga bisa. Lakukan beberapa hal berikut untuk memastikan liburan akhir bulan berjalan dengan lancar dan bahkan bisa dilakukan terus-menerus.

1. Tanggal Muda-Tanggal Tua

Tanggal Muda identik dengan waktunya mengeluarkan uang, karena baru saja menerima gaji, dan tanggal tua berarti sebaliknya. Tapi, kalau Anda memperlakukan semua tanggalan sama saja dan berhemat pada tanggal muda layaknya sudah tanggal tua, liburan bisa dilakukan kapan saja.

Dengan cara ini, secara psikologis Anda bisa mengatur keuangan lebih baik. Melakukannya dengan rutin dan menjadikan sebagai kebiasaan. Peluang bisa bepergian akhir bulan juga jadi lebih besar.

2. Berburu Promo

Akhir bulan ada banyak promo tiket pesawat, harga diskon hotel sampai berbagai bonus di tempat makan sampai belanja. Coba cek sedang ada promo apa bulan ini dan sesuaikan jadwal jalan-jalan Anda dengan waktu promo tersebut.

Jadi, kalau akhir bulan bukan berarti Anda harus berhemat. Tidak perlu memfokuskan untuk tempat yang pasti murah, coba lihat hotel bintang 5 atau layanan lainnya yang kerap memberikan harga khusus, siapa tahu ada kesempatan yang pas sesuai dengan rencana liburan.

3. Buat Rencana Perjalanan

Kalau Anda bepergian sendiri berarti hanya perlu disiplin dengan rencana yang sudah dibuat. Pergi dengan teman, pasangan atau anak akan perlu persiapan dan perjanjian terlebih dahulu.

Anda harus membuat rencana perjalanan bahkan memastikan persyaratan untuk bisa dapat harga promo atau diskon. Hal-hal tersebut perlu dibicarakan bahkan sebelum berangkat.

Jadi, tidak ada kebingungan ketika sudah berada dijalan dan harus membuat keputusan cepat bila diperlukan. Ingatlah kalau selalu ada kemungkinan ada sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana.

4. Alternatif Murah Meriah

Liburan akhir bulan berarti Anda tetap harus bisa melakukan penghematan. Coba untuk mencari pilihan lebih terjangkau dari biasanya. Misalnya mengunjungi alun-alun kota, makan di kaki lima atau tidak membeli oleh-oleh.

Berjalan kaki dan memilih menginap di guest house dari pada hotel bintang 5 bisa jadi pilihan berhemat yang tidak perlu membuat Anda susah selama liburan. Pertimbangkan opsi lebih murah yang menawarkan keseruan yang tidak kalah dari layanan yang lebih mahal.

5. Tabungan Liburan

Anda bisa membuat budget tersendiri untuk berplesiran. Selain kebutuhan sehari-hari, liburan, kesehatan dan pengeluaran lainnya. Anda bisa mengalokasikan dana untuk liburan dadakan yang bisa dipakai sewaktu-waktu.

Agar disiplin, tentukan jumlah yang tidak terlalu banyak atau sedikit. Fokus yang harus diperhatikan adalah tabungan liburan bisa dilakukan secara rutin dan tidak membebani pengeluaran lainnya.

6. Patungan

Banyak layanan yang bisa dinikmati dengan membeli 1 gratis 1. Menyewa perahu atau pakai Taxi Blue Bird ke Bandara bisa lebih murah kalau bayar bareng-bareng dengan teman tentu akan jadi lebih ringan.

Kalau ada peluang untuk mendapatkan harga lebih miring, maka coba untuk rencanakan liburan bersama teman yang memiliki gaya berwisata dengan Anda. Jadi, bisa sama-sama untung dan bahkan bisa saling bantu.

7. Pilih Destinasi Ramah Kantong

Liburan akhir bulan akan membuat teman-teman Anda heran bagaimana bisa melakukannya saat belum gajian. Jadi, pilih tujuan wisata dan pergi ketempat yang ramah dengan dana yang tersedia. Yang penting adalah bisa bepergian.

Bersiaplah untuk penyesuaian kalau ada pilihan lebih murah atau ternyata tidak ada potongan harga atau justru lebih mahal dari yang diprediksikan. Selalu mencari opsi yang ramah di kantong dengan demikian Anda bisa benar-benar menikmati liburan tersebut.

8. Tidak Malu Mencari Harga Murah

Hal yang paling sulit dilakukan saat liburan pada akhir bulan adalah menahan rasa malu untuk bertanya tentang diskon atau promo. Apalagi kalau sudah masuk restoran dan ternyata promo yang diinginkan tidak ada.

Yakinlah kalau Anda bisa bersenang-senang saat orang lain harus menahan diri menunggu gajian. Tidak perlu sungkan untuk mendapatkan informasi yang Anda inginkan agar bisa membuat keputusan liburan terbaik walau belum gajian.

Hal penting yang perlu diperhatikan saat melakukan liburan akhir bulan adalah bersikap fleksibel dan tidak memaksakan keadaan harus sesuai dengan rencana. Anda bisa pakai Taxi Blue Bird ke Bandara untuk kenyamanan dan memilih transportasi lain yang lebih terjangkau kalau tersedia.

Agar liburan Anda lancar, cari tahu mengenai Traveloka promo tiket pesawat untuk mendapatkan harga paling bersahabat.

Dengan demikian tidak ada masalah untuk pergi di akhir bulan karena semua persiapan sudah disiapkan jauh-jauh hari. Lakukan persiapan yang matang jadi Anda tidak perlu khawatir bepergian walau tanggal tua. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *