Banjir Setinggi 1,2 Meter di Kabupaten Simeulue, Warga Dievakuasi

  • Whatsapp
Basarnas Nias menuju lokasi banjir.

SNT – Badan SAR Nias menginformasikan terjadi banjir di Desa Abail, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, Senin (8/11/2021) pagi sekitar pukul 07.20 WIB.

Kepala Kantor SAR Nias M Agus Wibisono menjelaskan, informasi banjir di desa tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) BPBD Kabupaten Simeulue.

Bacaan Lainnya

“Dalam laporannya, Kabid BPBD Kabupaten Simeulue menyampaikan dibutuhkan pertolongan SAR untuk evakuasi warga dari lokasi banjir,” kata Agus Wibisono dalam keterangan tertulis kepada wartawan.

Dijelaskannya, Basarnas Nias sudah berkoordinasi dengan BPBD Simeulue dan camat setempat. “Kita sudah memberangkatkan satu tim Rescue Pos SAR Simeulue berjumlah 5 orang untuk melakukan pencarian dan pertolongan,” jelasnya.

Sementara itu, Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana dalam siaran persnya menyampaikan banjir juga terjadi di Desa Leubang Hulu, Kecamatan : Teupah Barat, Desa Kuala Baro, Kecamatan Teluk Dalam dan Desa Suak Buluh, Kecamatan Simeulue Timur.

Dijelaskan, banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang sejak Minggu (7/11) sehingga menyebabkan beberapa wilayah di Simeulue tergenang banjir dan pohon tumbang yang menutupi ruas jalan utama lintas antar kecamatan.

Foto: Suasana banjir merendam pemukiman warga di Desa Leubang Hulu Kabupaten Simeulue. (Istimewa)
Foto: Suasana banjir merendam pemukiman warga di Desa Leubang Hulu Kabupaten Simeulue. (Istimewa)

Dampaknya rumah-rumah warga di sana terendam banjir. “Ada 117 kepala keluarga dengan jumlah 452 jiwa yang terdampak di Desa Leubang Hulu. Lainnya masih dalam pendataan,” demikian keterangan tertulis diterima SNT, Senin siang.

Dilaporkan, hingga saat ini tidak ada korban jiwa, begitu juga pengungsi. BPBD Simeulue siaga dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, dan dibutuhkan tenda siaga untuk logistik dan pengungsi, apabila air belum juga surut. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *