Ini 8 Daftar Perusahaan B2B di Indonesia yang Populer, Apa Saja?

bisnis
FOTO: Ilustrasi/Net

SNT – Model bisnis B2B e-commerce di Indonesia semakin menjamur. Banyak UMKM, korporasi, atau badan usaha yang terbantu dengan adanya e-commerce B2B. Terutama dalam hal procurement atau pengadaan barang. Prosesnya mudah, membuat tahapan selanjutnya juga semakin efisien. Baik dari segi waktu atau biaya.

B2B e-commerce sendiri merupakan penawaran barang atau jasa antar pelaku bisnis secara online. Bidang yang dilakukan pada model bisnis ini juga beragam, mulai dari pemasok bahan mentah, jasa cleaning service, pengembang website, dan lain-lain. Berikut ini diberikan daftar perusahaan B2B di Indonesia yang telah memiliki nama.

1. Blibli

Daftar pertama adalah Blibli dengan Blibli for Business yang terus diperbaharui kualitasnya. Baik dari segi keamanan, pelayanan, sampai dengan pilihan vendornya. Tujuan Blibli menghadirkan B2B e-commerce dalam lini bisnisnya adalah memfasilitasi korporasi atau perusahaan dalam proses pengadaan barang.

Berbagai kelebihan ditawarkan oleh Blibli for Business. Mulai dari transaksinya yang sangat mudah, terintegrasi, kategorinya banyak, dan saluran distribusinya tersebar secara nasional. Dalam hal keamanan, perusahaan yang ada sejak 2011 ini sudah mengantongi sertifikasi ISO. IEC 27001:2013 dan juga sertifikasi Computer Security Incident Response Team.

2. Ralali

Selanjutnya ada Ralali yang juga merupakan B2B e-commerce yang telah ada sejak 2013. Awalnya, perusahaan ini fokus pada lini MRO (maintenance, repair, and operation). Namun semakin ke sini tambah berkembang pula lininya, termasuk juga memenuhi kebutuhan alat industri kesehatan, industri kuliner, keuangan, dan lain-lain.

Perusahaan ini semakin berkembang berkat berbagai keunggulan yang ditawarkan. Misalnya saja bisa memperluas koneksi bisnis, didampingi tim yang ahli dan profesional, sampai dilengkapi dengan berbagai fitur guna memberikan pengalaman bisnis yang efisien, akurat, dan simpel.

3. AXIQoe

AXIQoe juga tidak boleh ketinggalan, ini merupakan B2B e-commerce yang fokus menawarkan berbagai kebutuhan perkantoran. Baik itu benda-benda elektronik, office supplies, sampai dengan office equipment. Berbagai produk yang ditawarkan, dijamin memiliki kualitas baik.

AXIQoe sendiri merupakan perusahaan yang dibentuk tahun 2015 dan berada di bawah naungan PT. Astragraphia Xprins. Di tahun 2016, perusahaan ini juga merambah Business to Government (B2G) dan menjadi penyedia e-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP.

4. Electronic City

Electronic City atau yang disingkat menjadi Eci fokus memberikan pengadaan barang elektronik modern. Bisa dibilang, perusahaan ini menjadi pelopor e-commerce elektronik di Tanah Air. Karena keberadaanya sudah sejak 2001, Eci telah memiliki beberapa toko offline di berbagai lokasi strategis.

Barang yang ditawarkan di e-commerce B2B satu ini sangat beragam. Mulai dari kulkas, mesin cuci, TV & audio, AC, kamera, notebook, smartphone plus gadget, peralatan rumah tangga, sampai kebutuhan elektronik ibu dan anak. Pilihan mereknya juga datang dari berbagai jenama terkenal, baik lokal atau internasional.

5. Monotaro

Ada juga Monotaro yang juga B2B e-commerce yang fokus menyediakan berbagai produk MRO. Beberapa contohnya seperti alat-alat untuk kebersihan, pengepakan atau logistik, alat ukur, alat-alat kelistrikan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Fokusnya memang MRP, namun sekarang sudah menawarkan produk untuk kebutuhan kantor.

Monotaro sendiri ternyata dulunya merupakan situs Office Sukamart yang diubah secara efektif mulai dari 11 Oktober 2016. Meski ada di Indonesia, ini merupakan perusahaan asal Jepang yang sudah terdaftar di Tokyo Stock Exchange.

6. Mbiz

Namanya Mbiz, merupakan perusahaan yang fokus pada segmen B2B dan juga B2G. Platform ini merupakan milik dari Group Lippo yang sudah diluncurkan sejak 2016. Kategori barang dan jasa yang ditawarkan di Mbiz ini juga sangat beragam sekali. Kategorinya mulai dari elektronik, otomotif, agrikultur, kesehatan, konstruksi, sampai perlengkapan kantor.

Sebagai B2G, Mbiz juga sudah menggandeng banyak partner yang tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari Pemprov Jawa Barat, Pemprov Jatim, Pemprov Bali, Pemprov Riau, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Bhinneka

Kemudian ada Bhinneka yang merupakan e-commerce B2B terlengkap untuk UMKM, korporasi, dan juga pemerintah. Bisnis ini sudah ada sejak tahun 1993 namun baru meluncurkan platform untuk B2B dengan Bhinneka Bisnis di tahun 2011. Produk yang ditawarkan semakin beragam.

Contoh produk yang ditawarkan di Bhinneka Bisnis antara lain MRO, IT, professional service, dan lain-lain. E-commerce ini juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan, misalnya saja laporan yang transparan, multi-login, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Klik MRO

E-commerce satu ini berada di bawah naungan Kawan Lama Group. Sudah hadir sejak 2016, platform e-commerce satu ini menawarkan proses pengadaan barang berupa produk maintenance, repair, and operation yang kebanyakan kliennya merupakan perusahaan manufaktur di Cikarang.

Meski terbilang baru, B2B yang satu atap dengan Krisbow ini sudah menggandeng ratusan distributor dari seluruh Indonesia. Berbagai produk di Klik MRO ini dibuat oleh enginer untuk enginer. Pilihan koleksi barangnya lengkap dan informasinya disajikan secara detail, bisa dicek langsung secara online.

Itulah 8 daftar perusahaan B2B di Indonesia yang bisa dipilih oleh pelaku bisnis yang membutuhkan. Salah satu rekomendasinya adalah Blibli for Business yang menawarkan deretan kemudahan. Bisa menunjang bisnis yang dilakukan semakin optimal, cuan semakin lancar. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *