Pj Bupati Tapteng Menjadi Khatib di Masjid Al-Huda Hutanabolon Tukka 

IMG 20240315 WA0030
Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta bertindak menjadi Khatib dalam ibadah Sholat Jum'at di Masjid Al - Huda Hutanabolon, Kecamatan Tukka, Jumat (15/3/2024).

TAPTENG – Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta bertindak menjadi Khatib dalam ibadah Sholat Jum’at di Masjid Al – Huda Hutanabolon, Kecamatan Tukka, Jumat (15/3/2024).

Pj Bupati Tapteng menyampaikan khutbah yang disampaikan bertemakan “Tempaan Ramadhan Menuju Takwa”.

Bacaan Lainnya

“Bahwa Puasa di bulan Ramadhan diperintahkan oleh Allah SWT sesuai dengan Surat Al Baqarah Ayat 183 ditujukan untuk orang-orang yang beriman sehingga menjadi hamba yang Muttaqin,” ucap Sugeng Riyanta.

“Yang mana dimaknai lagi bahwa puasa di Bulan suci Ramadhan menempah seseorang agar meraih derajat Muttaqin,” tambahnya.

Menurut Sugeng, bagi seorang muslim semestinya berkomitmen melakukan pendidikan dan latihan agar meraih derajat tersebut.

“Bentuk pendidikan dan latihan Ramadhan bagi setiap muslim adalah berpuasa untuk senantiasa merasa diawasi Allah SWT, yang mana ibadahnya langsung diawasi Allah SWT tanpa perlu adanya pengawasan dari manusia,” kata Pj Bupati Tapteng.IMG 20240315 WA0031

“Sehingga hatinya ikhlas dan lurus untuk melaksanakan ibadah. Puasa melatih tawadhu dan syukur. Sehingga dalam ibadah puasa mengajarkan manusia untuk merasakan lapar dan mengakui keterbatasan dalam dirinya. Serta melatih rasa syukur atas kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah SWT dalam kehidupan,” sambungnya.

Masih kata Pj Bupati, bahwa puasa menumbuhkan kedermawanan, karena Ramadhan mengajak untuk saling berbagi.

“Bukan malah merawat sifat kikir, pelit dan tamak dalam diri kita. Makanya pada bulan Ramadhan, Rasulullah SAW mendorong kita untuk banyak bersedekah, baik itu secara kualitas maupun kuantitas, yang puncaknya juga pada bulan Ramadhan Rasulullah SAW mewajibkan umat Islam untuk membayar Zakat Fitrah,” kata Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta. (ren/ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *