Pj Bupati Sugeng Perbaiki 4 Unit RTLH di Tapteng Jadi Layak Huni

IMG 20240401 WA0022
Pj Bupati Tapteng Dr Sugeng Riyanta, SH, MH didampingi Ketua PAPDESI Tapteng Hasdar Efendi meninjau RTLH milik Panangian Samosir di Desa Pulo Pakkat, Kecamatan Suka Bangun, Kabupaten Tapteng.

SUKA BANGUN – Ide brilian Pj Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH memperbaiki Rumah Tak Layak Huni (RTLH) milik warga kurang mampu di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut) secara bergotong royong terus bergulir.

Kemarin, Minggu (30/3/2024) siang, Dr. Sugeng Riyanta membawa duit Rp. 25 juta untuk memperbaiki RTLH milik Panangian Samosir (58) warga Desa Pulo Pakkat, Kecamatan Suka Bangun yang kondisinya memang tak layak huni.

Bacaan Lainnya

Sehingga dengan demikian, tercatat sudah 4 unit RTLH milik warga kurang mampu di Kabupaten Tapteng di desa berbeda yang dibantu untuk memperbaiki rumah agar layak dihuni oleh warga pemiliknya.

Untuk diketahui, melalui program ini Pemkab Tapteng sudah menyerahkan bantuan RTLH kepada warga kurang mampu masing-masing Rp. 25 juta, yaitu kepada Marince Manalu Desa Madani Kecamatan Sorkam Barat.

Selanjutnya tahap kedua kepada Sinta Parulian Harefa warga Desa Unte Mungkur IV Kecamatan Kolang, dan kepada Muhammad Rijal (44) warga Desa Aek Horsik, Kecamatan Badiri.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Tapteng dengan tegas menyampaikan bahwa bantuan RTLH ini tidak ada hubungannya ke politik, tapi didasari oleh rasa persaudaraan dan kepedulian membantu sesama yang membutuhkan bagi warga Tapteng yang kurang mampu.

“Program ini niatnya adalah kepedulian, karena di Tapteng masih banyak masyarakat membutuhkan bantuan terutama pembangunan RTLH. Kami paham APBD Tapteng tidak akan mampu karena anggaran Pemkab pada tahun ini sebagian dipergunakan untuk penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah bulan November 2024 mendatang,” ujar Pj Bupati Sugeng Riyanta.

Ia juga mengungkapkan, meskipun dengan keterbatasan anggaran Pemkab Tapteng untuk membantu masyarakat, namun tidak boleh menyerah.

“Kita mencari solusi dengan mengajak para Pimpinan OPD, para Camat, Kepala Desa, Tenaga Kesehatan, Kepala Sekolah se-Kabupaten Tapteng sama sama bergotong royong mengulurkan bantuan sedaya mampu untuk membantu pembangunan RTLH,” jelas Sugeng Riyanta.

IMG 20240401 WA0023
Pj Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta saat menyerahkan bantuan perbaikan RTLH milik Panangian Samosir.

Dengan perbaikan rumah warga kurang mampu, Sugeng mengharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup penerima manfaat, dan semakin sejahtera.

“Ke depan kita terus bertekad dan berikhtiar. Mari kita terus berbuat baik dan tidak membedakan bedakan agama, suku dan ras. Semoga Tapteng terus maju dan sejahtera,” harap Pj Bupati Tapteng.

“Harapan saya, di P-APBD Tapteng 2024 akan diperjuangkan 20 unit rumah RTLH, nantinya akan dibagi satu rumah setiap kecamatan, mengingat masih banyaknya rumah RTLH di Tapteng di APBD Tahun 2025 anggaran untuk RTLH tetap diusulkan,” sambungnya.

Selain itu, di kesempatan ini
Pj Bupati Tapteng menyerahkan bantuan berupa beras telur, mie instan, matras tidur,selimut, tikar gulung, paket sandang kepada Panangian Samosir.

Turut hadir Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD Tapteng, Forkopimka Suka Bangun, Kepala Puskesmas Sukabangun, Kepala Desa Pulo Pakkat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Organisasi Kemasyarakatan. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *