12 Parpol di Sibolga Tuntas Diverifikasi

  • Whatsapp
Komisioner KPU Sibolga dan pengurus DPC PDI Perjuangan foto bersama. Foto: istimewa.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga telah selesai menggelar verifikasi faktual 12 partai politik (Parpol). Semua kantor Parpol didatangi selama tiga hari terakhir ini.

Verifikasi faktual terhadap seluruh Parpol ini dilakukan sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), sebagai syarat menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang.

Komisioner KPU Sibolga Salmon Tambunan mengatakan Parpol yang diverikasi faktual sudah memberi keterangan terkait kepengurusan, keterwakilan 30 persen perempuan hingga keberadaan kantor dan syarat keanggotaan.

“Kemarin kita verifikasi partai Demokrat, Nasdem, PKPI, PKB, PPP dan PAN. Siang ini tanggal 1 Februari kita baru selesai verifikasi partai Hanura, PDI Perjuangan, PBB, Golkar, PKS dan Gerindra,” kata Salmon.

Dijelaskan, dokumen Parpol saat pendaftaran menjadi acuan KPU untuk melakukan verifikasi faktual selama 3 hari, terhitung 30 Januari hingga 01 Februari 2018.

Berkas Parpol yang sudah diverifikasi akan diteliti kembali oleh KPU untuk memastikan kelengkapan syarat partai politik menjadi calon peserta Pemilu 2019.

“Kalau tidak lengkap berkasnya akan kita kembalikan ke Parpol bersangkutan untuk diperbaiki mulai 2-3 Februari 2018,” ujarnya.

Setelah diperbaiki berkasnya diserahkan kembali ke KPU untuk diteliti lagi sebelum diserahkan ke KPU Sumatera Utara.

Salmon juga memastikan selama pelaksanaan verifikasi faktual terhadap 12 Parpol ini dipantau langsung Panwaslih Sibolga. Kegiatannya pun berjalalan lancar tanpa kendala.

Ketua DPC PDI Perjuangan Sibolga Imran Sebastian Simorangkir mengatakan kegiatan verifikasi faktual yang dilakukan KPU ke semua Parpol adalah kebijakan yang harus didukung.

“Dengan verifikasi faktual ini secara tidak langsung mendorong Parpol untuk mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2019,” sebut Imran didampingi Sekretaris Lo’oshoki Gulo dan Bendahara Edi Polo Sitanggang

Dia menambahkan, berdasarkan hasil verifikasi faktual oleh KPU Sibolga, PDI Perjuangan lolos dan memenuhi seluruh persyaratan. (ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *