Ini Tips Mudah Kembali Langsing Setelah Melahirkan

tips langsing usai melahirkan
ilustrasi Langsing. Foto: vemale.com/int.

Smart News Tapanuli – Banyak ibu yang ingin segera menurunkan berat badan ke kondisi semula setelah hamil dan melahirkan. Namun berbagai kesibukan sebagai ibu baru menjadi penghalang.

Fitpregnancy melansir beberapa tips mudah untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan yang dapat dicoba:
Menyusui

Bacaan Lainnya

Menyusui bukan hanya bermanfaat bagi si kecil, tetapi juga membantu Anda menurunkan berat badan. Saat menyusui ibu membakar kalori berlebih sekitar 600-800 kalori per hari. Berat badan ibu yang menyusui kemungkinan akan lebih cepat turun dibanding ibu yang memberikan susu formula pada bayinya.

Banyak Bergerak

Beberapa ibu baru mungkin mengalami kurang tidur dan belum siap untuk berolahraga lagi. Menurut Renee M. Jeffreys, M.S., seorang ahli fisiologi, tubuh perempuan baru siap unuk berolahraga lagi setelah 6 minggu pascamelahirkan dan bisa lebih lama lagi bagi yang mengalami persalinan caesar.

Namun jika ibu ingin mulai menurunkan berat badan, bisa dimulai dari olahraga ringan seperti berjalan kaki di sekitar rumah, naik turun tangga, atau jalan kaki sambil mendorong stroller selama 30 menit. Beberapa kegiatan ini mampu membakar kalori hingga 150 kalori.

Angkat Beban

Ketika badan Anda siap untuk berolahraga, angkat beban bisa jadi pilihan untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Tak perlu pergi ke gym, Anda bisa membeli dumbbells dan berolahraga sendiri di rumah. Jika ragu dengan latihan yang Anda lakukan, sewa personal trainer untuk latihan di rumah sehingga Anda tetap punya waktu untuk merawat bayi Anda.

Makanan Sehat

Ibu menyusui memang butuh asupan makanan bergizi untuk produksi ASI, namun hal ini jangan dijadikan alasan untuk makan sembarangan. Pilih makanan sehat seperti sayuran segar, susu rendah lemak dan makanan berprotein tinggi seperti biji-bijian, sereal gandum dan salad dengan telur atau ayam untuk makanan sehari-hari.
Hindari camilan yang mengandung banyak gula dan pilih makanan berserat tinggi yang membantu pencernaan.

Tidur Siang

Siapa sangka tidur siang bisa membantu Anda menurunkan berat badan? Hal ini bisa terjadi asalkan saat makan siang Anda tidak makan terlalu banyak gula yang akan disimpan sebagai lemak. Tidur siang selain baik untuk memulihkan energi Anda, juga dapat menghindarkan Anda dari keinginan untuk makan makanan berkalori tinggi.

Tidur siang juga bermanfaat untuk mengembalikan siklus tidur Anda yang berubah karena harus terbangun saat menyusui tengah malam.

Penting untuk di ingat, menurunkan berat badan membutuhkan pasca melahirkan membutuhkan waktu yang lama. Jangan mudah menyerah jika angka timbangan belum bergeser ke angka yang Anda inginkan, dan jangan terlalu memaksakan diri untuk mendapat hasil yang instan. (doktersehat.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *