Bupati Karo Buka TMMD Ke 101 Wilayah Kodim 0205/TK

  • Whatsapp
Bupati Karo Buka Pelaksanaan TMMD Ke 101 di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Karo – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bagian dari program Operasi Bakti TNI, diselenggarakan oleh TNI dengan mempertimbangkan kemampuan satuan Komando kewilayahan sebagai Satuan Tugas (Satgas) pelaksana.

Pemberdayaan Wilayah Pertahanan dilaksanakan oleh TNI melalui kegiatan Binter yang sasarannya adalah untuk mewujudkan Ruang juang, Alat juang dan Kondisi juang serta KemanunggalanTNI-Rakyat guna mendukung kepentingan Pertahanan. Kegiatan ini bersifat lintas sektoral, terpadu melibatkan seluruh komponen bangsa dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kesiapsiagaan satuannya.

Bacaan Lainnya

Hal ini juga dilaksanakan Kodim 0205/TK pada tanggal 4 April 2018 diselenggarakan upacara pembukaan TMMD ke- 101 TA 2018 bertempat di Desa Sukanalu, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Pada pembukaan, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membuka pelaksanaan TMMD.

Pelaksanaan TMMD ini berlangsung selama 30 Hari, semua personil Satgas TMMD tidur dirumah masyarakat di sekitar sasaran dan ULP nya di masak masyarakat bersama TNI.

Tema TMMD kali ke- 101 TA 2018 ini adalah “TNI Manunggal Rakyat Membanguna Karakter dan Kemandirian Bangsa”.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana dalam sambutannya menyampaikan program TNI Manunggal membangun desa merupakan wujud salah satu Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. “Membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh”.

Diharapkan melalui kegiatan TMMD ini nantinya bermanfaat dalam rangka percepatan pembangunan maupun peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta menjadi alat perekat dan penguat integrasi sosial masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Karo.

Kegiatan TMMD yang dilaksanakan kali ini meliputi sasaran kegiatan fisik diantaranya, pembukaan jalan dengan lebar 12 M sepanjang 3,5 KM, pembuatan Bronjong 80 meter, pembuatan gorong-gorong sebanyak 4 titik dan rehab jembatan 3 meter x 12 meter sebanyak 1 unit.

“Terima kasih kepada TNI khususnya kepada Kodim 0205/TK dan seluruh unsur yang ikut ambil bagian pada kegiatan ini,” ucap Bupati Karo.

Pembukaan TMMD yang dihadiri ribuan warga, turut hadir Wakil Bupati Karo, Dr Corry Sebayang, Danrem 023/KS diwakili Kasiter, Letkol Inf Nelson Rajagukguk, FKPD Kabupaten Karo, para Dandim jajaran Korem 023/KS yang mewakili, para Camat se kabupaten Karo, para Ormas, pelajar dan pramuka.

Sementara itu, Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata mengatakan, mekanisme perencanaan TMMD disusun dengan sistem “Bottom Up Plainning” melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat.

“Secara berjenjang diawali dari kegiatan musyawarah ditingkat desa, kecamatan, kabupaten, selanjutnya ditetapkanlah sasaran program TMMD. Hal ini diharapkan dari proses pembangunan tersebut akan berdampak positif bagi pembangunan diwilayah,” ujar Mayor Arm Ojak Simarmata.

Sambungnya lagi, sasaran non fisik yang ingin dicapai dari TMMD KE -101 TA 2018 ini agar mampu mendorong inovasi kreatifitas masyarakat desa guna mengingkatkan kualitas hidup membangun daerah dengan menjaga persatuan, kesatuan berlandaskan adat istiadat dan kearifan lokal yang akan tetap dipelihara. (ren/penrem 023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *