oleh

Bermain 10 Pemain, Jepang Kalahkan Kolombia di Piala Dunia 2018

Smart News Tapanuli – Laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Selasa (19/6) timnas Jepang berhasil menekuk Kolombia 2-1.

Pada babak pertama pertandingan berlangsung sengit. Kendati bermain dengan 10 pemain sejak menit ketiga, tetapi Kolombia justru mampu mencecar pertahanan Jepang.

Timnas Jepang lebih dulu mencetak gol di menit keenam lewat eksekusi penalti Shinji Kagawa, kemudian kedudukan skor sama melalui tendangan bebas Juan Quintero di menit ke-39.

Gol tim Samurai Biru tercipta lewat titik putih setelah tangan Carlos Sanchez mengenai bola hasil tendangan keras Shinji Kagawa. Wasit menunjuk titik putih sekaligus mengeluarkan kartu merah untuk Sanchez.

Kagawa yang maju sebagai eksekutor penalti di menit keenam sukses menunaikan tugasnya dengan sempurna. Tembakan terukurnya ke arah tengah gawang berhasil membuat Ospina terkecoh.

Meskipun bermain dengan 10 pemain, Kolombia justru mampu mendominasi serangan di babak pertama. Sederet peluang dari Juan Cuadrado dan Radamel Falcao gagal berbuah gol.

Jepang yang unggul pemain berbalik mendominasi permainan di babak kedua. Skuat arahan Akira Nishiro praktis membuat Kolombia sibuk bertahan.

Ospina yang sebenarnya bermain gemilang, berhasil menggagalkan sepakan Yuya Osako dan Takashi Inui masing-masing di menit ke-54 dan 57. Namun, kiper Arsenal itu tak sanggup membendung sundulan keras Osako di menit ke-73. Jepang unggul 2-1.

Jepang mencoba melakukan penyegaran di menit akhir dengan menarik keluar Shibasaki dan memasukkan Hotaru Yamaguchi di menit ke-80. Sementara Kolombia terus berupaya untuk mencetak gol penyama kedudukan.

Kemenangan ini jadi sejarah baru di mana Jepang jadi tim Asia pertama yang berhasil mengalahkan wakil Amerika Latin di pentas Piala Dunia. (bola.net)

Komentar