Pangdam 1 Bukit Barisan: TNI Siap Amankan Pilkada Serentak 2018

  • Whatsapp
Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo Saat Menyampaikan Arahannya.

Sibolga – Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo menegaskan pihaknya di seluruh jajaran siap membantu pengamanan pelaksanaan pencoblosan Pilkada Sumut 27 Juni nanti.

“Dan berapapun personil yang diminta, TNI siap. 24 jam kita siap. Kehadiran TNI melaksanakan tugas polisioning sesuai permintaan Polda,” kata Ibnu Triwidodo saat memberi pengarahan pengamanan Pilkada serentak 2018 kepada ratusan personil gabungan TNI dan Polri di gedung Nasional Sibolga, Minggu (24/6).

Bacaan Lainnya

Pangdam menuturkan, Pilkada akan berjalan sukses jika seluruh pihak saling menjaga. Kondusifitas, lanjut dia akan tercipta jika antara masyarakat, tokoh agama dan pemerintah bersatu.

Menurut Pangdam, suksesnya Pilkada berkorelasi langsung dengan tercapainya tujuan Pilkada, yakni terpilihnya kepala daerah yang berkualitas.

Ada 3 poin suksesnya pelaksanaan Pilkada itu, yakni maksimalnya para pemilih datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya, kedua berlangsungnya Pilkada yang aman, langsung, bebas dan rahasia tanpa intervensi dan gangguan apapun.

“Dan yang ketiga, yakni terpilihnya pemimpin yang berkualitas, agar terwujud masyarakat adil dan makmur. Untuk mencapai itu semua, aparat pemerintah memberi kepastian dan mengakomodasi masyarakat agar berbondong-bondong ke TPS terdekat,” ujar Pangdam.

Sementara itu Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam arahannya menekankan dilakukannya peningkatan pengawasan, diantaranya agar mewaspadai terjadinya pelanggaran politik uang.

“Dalam rangka minggu tenang, waspada money politic, tangkap tangan dan proses mereka, bagaimana siap TNI Polri?” kata Kapolda.

Paulus mengatakan, dalam perhelatan politik dibutuhkan kedewasaan seluruh kontestan dan kelompok-kelompok yang terlibat.

Polda Sumut sendiri akan siap melakukan tindakan terukur jika terjadi potensi gangguan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya pencoblosan nanti.

“Akan dilakukan tindakan tegas dan terukur, peringatan, sampai upaya paksa terhadap para pelaku,” tegasnya.
Hadir dalam pengarahan ini Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, Kapolres Sibolga dan Kapolres Tapteng, Danrem 023/ Kawal Samudra dan jajaran Dandim di pantai barat Sumatera Utara. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *