oleh

World Bank Group Dukung Indonesia atasi Stunting

Lombok – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dan Presiden World Bank Group Jim Yong Kim mengunjungi Desa Dakung, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk berbicara dalam Forum Pertemuan Desa untuk Pencegahan Stunting, Kamis (5/7).

Melansir laman kemenkeu.go.id, Jumat, 6 Juli 2018, Jim Yong Kim mengungkapkan rasa kagumnya kepada Pemerintah Indonesia. Ia juga memastikan bahwa bank dunia akan melakukan apapun untuk memastikan keberhasilan Indonesia mengatasi stunting.

“Seluruh perwakilan dunia akan datang ke Bali Oktober nanti. Akan saya pastikan bahwa Bank Dunia akan melakukan apapun yang dapat kita lakukan untuk memastikan keberhasilan Indonesia,” ujar Jim Yong Kim.

Ia juga mengungkapkan bahwa dari seluruh negara yang ditemuinya, belum pernah ia melihat suatu negara yang Wakil Presidennya melibatkan banyak menteri untuk bersama-sama menyelesaikan suatu masalah.

“Kami memiliki 189 negara anggota dan saya telah melakukan perjalanan di seluruh dunia, tetapi tidak pernah saya menghadiri pertemuan di mana seorang Wakil Presiden mengadakan rapat dengan banyak menteri dan bekerja bersama untuk menangani masalah ini (stunting),” ujarnya.

Jim Yong Kim juga mengatakan bahwa cara Pemerintah Indonesia mengatasi masalah stunting sudah sangat tepat. Permasalahan stunting bukanlah perkara satu atau dua hal, tetapi gabungan dari banyak faktor.

“Ketika saya melihat grafik konvergensi, cara Anda mendekati masalah adalah tepat. Ini bukan masalah sempit tentang kesehatan, itu bukan masalah sempit tentang sanitasi, itu bukan masalah sempit tentang transfer uang tunai, tetapi semuanya itu bersama-sama,” jelasnya.

Jim Yong Kim mengungkapkan bahwa menyiapkan anak-anak bangsa dengan baik adalah kunci menjadikan Indonesia sukses di masa depan.

Kuncinya adalah menyiapkan anak Indonesia, mereka tidak menderita stunting, mereka memiliki pembelajaran berkualitas tinggi.

“Dengan begitu, apa yang akan terjadi di masa depan, Indonesia akan siap untuk bersaing dan akan berhasil di masa yang akan datang,” pungkasnya. (snt)

Komentar