oleh

Ini 9 Fakta Menarik Setelah Prancis Kalahkan Belgia

Smart News Tapanuli – Timnas Prancis menang tipis atas Belgia 1-0. Dengan raihan itu, Prancis berhasil mengamankan tiket semifinal Piala Dunia 2018 dalam laga yang digelar di Stadion Saint Petersburg, Rabu (11/7) dini hari WIB.

Ada fakta menarik tercipta dari laga tersebut. Kemenangan satu gol tanpa balas itu sudah cukup mengantarkan Les Bleus ke partai final.

Dengan keberhasilan itu, Prancis pun merasakan tiga kali final Piala Dunia. Selain itu, sejumlah fakta menarik tercipta.

Berikut ini data dan fakta menarik dari pertandingan Prancis dengan Belgia seperti dikutip dari BBC dan Opta:

1.Prancis merasakan final untuk kali ketiga di Piala Dunia. Sebelum Piala Dunia 2018, Prancis mencapai final pada Piala Dunia 1998 dan 2006. Frekuensi itu cuma kalah dari Jerman (8) dan Italia (6) di antara negara-negara Eropa.

2.Sejak berhasil mencapai final pertama, pada 1998, Prancis menjadi negara paling sering mencapai final ketimbang negara lain (3 kali).

3.Ini menjadi kekalahan pertama Belgia sejak dikalahkan Spanyol pada pertandingan persahabatan September 2016.

4.Prancis mengalahkan Belgia tiga kali di pertandingan Piala Dunia, paling sering ketimbang mengalahkan tim-tim lain.

5.Antoine Griezmann terlibat dalam 13 dari 20 gol terakhir dalam turnamen mayor (Piala Dunia dan Piala Eropa), sembilan gol dan empat assist. Khusus di Piala Dunia 2018 ini, dia terlibat dalam terjadinya lima gol (tiga gol, dua assist) untuk Prancis. Cuma kalah dari Harry Kane yang telah terlibat dalam enam gol timnas Inggris.

6.Di Piala Dunia 1998 tiga bek (Bixente Lizarazu, Laurent Blanc, dan Lilian Thuram) mencetak gol untuk Prancis. Kini, mereka mengulanginya lewat Benjamin Pavard, Raphael Varane, dan Samuel Umtiti.

7.Olivier Giroud telah bermain lebih dari tujuh jam di (425 menit) di Piala Dunia 2018 tanpa membuat satupun tembakan ke arah gawang.

8.Belgia telah merasakan dua kekalahan di semifinal. Jika kini disingkirkan Prancis, Belgia dikandaskan Argentina pada 1986.

9.Didier Deschamps menjadi manajer pertama di timnas Prancis yang mencapai dua final turnamen mayor, Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2016. (dtc)

Komentar