Pesparawi Nasional ke XII di Pontianak Resmi Dibuka

  • Whatsapp
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hadir di acara pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke XII di Stadion Sultan Syarief Abdulrahman Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Senin 30 Juli 2018. Foto: istimewa.

Pontianak – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hadir di acara pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke XII di Stadion Sultan Syarief Abdulrahman Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Senin 30 Juli 2018.

Hal menarik di acara ini adalah barisan defile nusantara yang menggambarkan keberagaman suku di Indonesia. Panitia sengaja mengemasnya sebagai bukti persatuan dan kerukunan rakyat Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengajak seluruh bangsa Indonesia tetap menjaga persatuan walaupun ada perbedaan. Hal itu diibaratkan seperti harmoni yang dapat didengarkan melalui paduan suara.

Menurut Luhut, meski ada pengelompokan suara dalam paduan suara seperti tenor, bass, sopran serta alto, ketika dinyanyikan bersama maka akan menghasilkan suara yang indah.

“Saya mengajak kita semua untuk menjaga persatuan dan kesatuan,” ujar Luhut.

Menteri Agama Lukman Hakim menyatakan Pesparawi memiliki makna penting meningkatan wawasan bagi umat Kristiani.

Jika dilihat dari konteks masyarakat Indonesia yang beragam suku budaya dan agamanya, Pesparawi memberi sumbangsih besar dalam meningkatkan rasa cinta dan kasih.

“Mari kita tingkatkan persaudaraan dan kesatuan, kita perkokoh keimanan. Kita eratkan nilai Bhineka Tunggal Ika,” tutur Lukman.

Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji mengaku bangga Provinsi Kalbar diberi kepercayaan sebagai tuan rumah Pesparawi ke-XII.

“Selamat datang di Pontianak, Kota Khatulistiwa dan selamat bertanding. Junjung tinggi sportipitas dengan penuh kejujuran agar mendapatkan hasil yang baik sesuai tujuan Pesparawi,” ujarnya.

Sederetan artis pun turut hadir menghibur, ada Lea Simanjuntak, Saykoji, Andi Riff, Choky Sitohang, Yuanita Christiani dan sejumlah artis Indonesia lainnya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *