Sat Reskrim Polres Sibolga Amankan Truk Pengangkut Kayu

  • Whatsapp
Kasubbag Humas Polres Sibolga Iptu.R.Sormin Menunjukkan Barang Bukti. Foto: Istimewa.

Sibolga – Sat Reskrim Polres Sibolga mengamankan satu unit mobil dump truk berwarna kuning saat melintas di Jalan Maraden Panggabean di Kelurahan Simaremare, Kecamatan Sibolga Utara, Rabu 29 September 2018 sekitar pukul 18.30 WIB.

Dump truk bernomor polisi BB 9014 HB yang dikemudian SS alias O (60) warga Jalan Hutabatu IV, Kelurahan Huta Tongatonga, Kecamatan Sibolga Utara itu diamankan ke Polres Sibolga karena mengangkut kayu jenis Sengon tanpa dilengkapi dokumen.

Kapolres Sibolga AKBP.Edwin H Hariandja melalui Kasubbag Humas Itpu.R.Sormin dalam keterangan tertulis, Kamis 6 September 2018 menjelaskan, truk tersebut mengangkut kayu dari hutan Jalan Dolok Tolong ujung, Lingkungan III, Kelurahan Hutabarangan, Sibolga.

“Sopir truk tidak mampu menunjukkan dokumen pengangkutan kayu itu sehingga sopir dan truk serta barang bukti diamankan ke Polres Sibolga,” jelas Sormin.

Dari hasil interogasi petugas terhadap sopir, kayu tersebut akan diantar ke salah satu perusahaan di Jalan Sibolga Barus. “Kayu tersebut milik DP warga Sibolga,” ujar Sormin.

Sormin menambahkan, oknum yang menyuruh mengangkut kayu tersebut identitasnya sudah diketahui dengan imbalan Rp500 ribu.

“Kayu yang dibawa itu hanya memiliki dokumen berupa Nota Angkutan Hasil Hutan Kayu Budaya yang berasal dari hutan hak tanggal 29 Agustus 2018. Kemudian Copy Surat Izin Rekomendasi Menebang Kayu nomor 470/55/HB/Ii/2018.tanggal 5 Februari 2018. Copy Surat Keterangan Jual Beli Tanah nomor 170/Waar/2002,tanggal 1 Oktober 2002,” tuturnya.

Lanjutnya, dalam kasus ini sopir truk tidak ditahan. “Namun tetap dilakukan proses terhadap pelaku-pelaku yang lain, dan diduga melapas 83 ayat (2) huruf a Undang Undang RI nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan dengan ancaman hukuman minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun,” pungkasnya. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *