Ini Khasiat Susu Kerbau Khas Balige

  • Whatsapp
Susu Kerbau Asal Balige, Tobasa, Sumatera Utara. Foto: Istimewa.

Smart News Tapanuli – Jika berkunjung ke Sumatera Utara, tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Khususnya jika Anda menuju Danau Toba, karena di sana terdapat berbagai makanan khas unik yang jarang sekali ditemui di daerah lain.

Dilansir dari VIVA, Sabtu 15 September 2019, Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara Maike Magonai Silitonga mengatakan, ada banyak sekali kuliner khas Danau Toba yang bisa dicoba.

Bacaan Lainnya

Salah satu yang paling khas adalah ikan pora-pora. Ikan pora-pora itu ikan yang hanya hidup di jatuhan air terjun.

“Biasanya, ikan pora-pora bisa diolah dengan cara digoreng atau dengan campuran bumbu andaliman,” kata Maike di sela acara misi penjualan Danau Toba di Ciputra World, Surabaya, belum lama ini.

Begitu juga dengan ikan mas yang banyak didapat di Danau Toba. Ikan mas paling khas Sumatera Utara adalah ikan mas yang diolah dengan cara diarsik.

Namun, ada juga yang diolah naniura atau dengan andaliman. Andaliman memang menjadi bahan masakan yang hanya ditemukan di Sumatera Utara dan banyak digunakan di segala olahan masakan.

Tapi yang paling unik dan menarik untuk dicoba di kawasan Danau Toba adalah susu kerbau dari Kota Balige, Kabupaten Tobasamosir.

Mengonsumsi susu kerbau ini diklaim bisa membuat kulit menjadi lebih halus. Susu kerbau ini berbentuk tahu, agak padat tapi sangat lembut.

“Susu kerbau ini juga sudah menjadi salah satu menu makanan sehari-hari warga Balige,” ujar Maike.

Biasanya susu kerbau dimasak dengan ditambahkan cabai atau andaliman dan ditambah rempah-rempah seperti serai dan lengkuas, serta diberikan kuah bening.

“Bisa dimakan pakai nasi. Rasanya sama seperti tahu,” imbuh Maike. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *