Tips Buat Pemula Agar Berani Mengemudi Sendiri

ilustrasi 4
Ilustrasi Wanita Mengemudi Didampingi. (FOTO: Mobilmo.Com)

Smart News Tapanuli – Dengan memiliki surat izin mengemudi (SIM) bukan berarti bebas berkendara sesuka hati. Aturan lalu lintas yang telah diterapkan pemerintah dengan standarisasi international harus tetap ditaati.

Hasil sebuah studi di Inggris, masih ada pemilik SIM baru yang tak memiliki nyali mengemudi seorang diri karena beberapa faktor.

Bacaan Lainnya

Berkaca dari kasus tersebut, Ian McIntosh, CEO RED Driving School (salah satu sekolah mengemudi di Inggris) angkat bicara.

Menurut Ian McIntosh, ketakutan mengemudi dapat secara serius menghambat kemampuan seseorang untuk berfungsi.

“Jika Anda merasa itu menantang, mungkin Anda perlu mundur, dan mempertimbagkan terlebih dahulu bagaimana mengatasi kecemasan yang ada,” tutur Ian McIntosh.

Meski begitu seperti dilansir The Sun, McIntosh menjabarkan beberapa tips yang bisa diterapkan para pemilik SIM baru sehingga dapat melatih percaya diri mengemudi sendirian.

Pertama, pastikan rute mana yang hendak akan dilalui. Tak lupa, berikan estimasi waktu tambahan selama perjalanan.

Selain itu, pastikan sebelum melaju melakukan berbagai pengecekan mulai dari jendela, lampu, hingga spion.

Kedua, persiapkan diri jika terjadi cuaca buruk. Sebelum Anda bergegas pergi, baiknya membawa perlengkapan atau peralatan yang bisa membantu saat keadaan darurat.

Ketiga, belajar mengemudi. Meski sudah mendapatkan SIM, sejumlah sekolah mengemudi menganjurkan agar mengambil pelajaran tambahan. Ini dilakukan agar keahlian bisa lebih terasah.

Keempat, berlatih di jalanan yang tenang. Jika Anda ragu mengemudi di jalan raya, ada baiknya di minggu pertama secara perlahan kembali melatih mengemudi sendiri di jalan sepi. (Lp6)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *