Afifi Lubis Ungkap Sosok Sahat P Panggabean

  • Whatsapp
Afifi Lubis Datang Melayat Almarhum Sahat Pinorsinta Panggabean. (FOTO: SNT)

Sibolga – Afifi Lubis, pria yang pernah menjabat Wakil Walikota Sibolga mengungkap sosok almarhum Sahat Pinorsinta Panggabean mantan Walikota Sibolga dua periode 2000-2010.

“Beliau sosok pluralisme, artinya mampu menganyomi berbagai kalangan, berbagai pihak. Tipikal pemimpin yang lebih melihat kepada kepentingan kemasyarakatan. Tidak melihat sekat-sekat, perbedaan di tengah masyarakat. Tidak membeda-bedakan. Inilah sosok yang menonjol dari beliau,” ungkap Afifi Lubis kepada smartnewstapanuli.com, usai melayat di rumah duka, Kamis siang (1/11).

Bacaan Lainnya

Afifi Lubis yang kini menjabat Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sumatera Utara menyebut, ada torehan prestasi di masa kepemimpinan almarhum yakni pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sumut yang digelar di kota Sibolga masa itu.

“Beliau sebagai seorang kristiani, juga menggagas dan mempelopori Sibolga menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara. Itu merupakan prestasi bagi Sibolga,” terang Afifi.

Sahat Pinorsinta Panggabean tokoh pluralisme

“Beliau berada pada semua sisi kehidupan masyarakat tanpa ada perbedaan. Karena dengan kondisi itulah, kita melihat banyak prestasi diukir oleh Sibolga, baik dari sisi kebersihan kota, penataan pemerintahan. Kemudian berbagai pembangunan infrastruktur di Sibolga. Itu 10 tahun dimasa beliau. Hal itu merupakan sebuah peristiwa yang besar. Artinya memberikan sebuah prestasi besar bagi perkembangan Sibolga,” bebernya.

“Beliau orang tidak terlalu formal. Dia selalu melakukan pendekatan kekeluargaan. Dengan pola, tanpa terlalu formal setiap melihat permasalahan. Justru dengan hal ini yang jauh lebih mampu menyelesaikan berbagai permasalahan pemerintahan, kemasyarakatan, maupun pembangunan dengan pendekatan-pendekatan tadi. Artinya, keterlibatan masyarakat, baik sifatnya informal, ini sering dilakukan. Sehingga beliau ini begitu disenangi, begitu dicintai oleh masyarakat Sibolga,” jelasnya.

Foto Semasa Hidup, Drs.Sahat Pinorsinta Panggabean, mantan Walikota Sibolga Dua Periode 2000-2010. (FOTO: dok_SNT)

Sahat Pinorsinta Panggabean Guru bagi Afifi Lubis

“Saya tak bisa melupakan beliau. Artinya, beliau ini orang yang saya hormati, orang yang sangat saya hargai. Beliau pernah menjadi guru saya. Beliau kawan bekerja saya, mitra bekerja saya. Saya pernah menjadi stafnya. Jadi banyak hal yang pernah saya lakukan bersama beliau. Banyak kenangan bersama beliau. 10 tahun bersama beliau,” kisahnya.

Sekadar diketahui, Afifi Lubis pernah berpasangan memimpin jalannya pemerintahan sebagai Wakil Walikota Sibolga selama satu periode, 2005-2010, bersama almarhum.

Diberitakan, Sahat Pinorsinta Panggabean tutup usia 68 tahun. Wafat di Rumah Sakit Metta Medika pada Senin sore (29/10), setelah menjalani perawatan medis selama 4 hari.

Setelah disemayamkan di rumah duka, hari ini, Kamis sore (1/11), jenazah almarhum dimakamkan di kampung halamannya di Sibolga Julu, Kelurahan Angin Nauli, Kecamatan Sibolga Utara, Sibolga. (Ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *