Anda Perokok? Bersihkan Paru-paru dengan Makanan Ini

  • Whatsapp
Ilustrasi Pria Merokok. (FOTO: Pixabay)

Smart News Tapanuli – Semua orang sudah tahu bahaya merokok, tapi tetap saja masih banyak yang merokok, bahkan semakin meningkat setiap tahun. Untuk berhenti merokok memang sangat sulit dan mustahil.

Tapi bagi para perokok penting memerhatikan kesehatan tubuh. Salah satu cara untuk meminimalisir efek rokok, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat.

Bacaan Lainnya

Khususnya makanan yang mampu membersihkan zat beracun dari rokok. Karena rokok umumnya menyerang paru-paru dan jantung.

Dilansir dari wowmenariknya, Sabtu 10 November 2018, berikut ini daftar makanan yang dipercaya mampu membersihkan paru-paru:

Kunyit

Kunyit kaya akan zat curcumin yang berfungsi untuk menghilangkan zat penyebab kanker paru-paru. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kunyit yaitu dengan merebusnya, lalu minum airnya.

Atau bisa juga dengan cara ditumbuk sampai halus kemudian dimakan. Memang rasanya bakalan pahit, tapi manfaatnya manis.

Yogurt

Yogurt alami (tidak dicampur dengan gula berlebihan), mengandung bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Dua zat tersebut dapat membersihkan hati dan paru-paru dari sel kanker. Jadi sangat cocok bila yogurt dikonsumsi para perokok.

Jahe

Jahe mengandung zat antiseptik dan antibakteri yang dapat menyehatkan paru-paru. Zat tersebut juga akan menangkal radikal bebas dan membuat rongga pernapasan lebih lega sehingga bernapas jadi lebih enak.

Anda bisa mengkonsumsi jahe dengan cara diminum atau lebih baiknya lagi Anda mengunyahnya secara langsung.

Telur

Para perokok, rajin-rajinlah makan telur karena telur mengandung zat selenium yang dapat memperkuat paru-paru. Dalam kata lain, sel-sel kanker tidak akan mampu menempel pada paru-paru.

Bawang putih

Senyawa alicin dalam bawang putih dapat membunuh bakteri yang bisa memicu infeksi paru-paru. Sehingga paru-paru tetap terjaga dari penyakit. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *